Thursday, August 18, 2011

Waiting for a miracle(1): 16 weeks!

Alhamdulillah, sudah 4 bulan si baby asyik menginap dalam perut saya. Setelah sempat merasa sedikit was-was karena pengalaman pertama yang kurang mengenakkan, rasanya lega sekali mengamati perkembangan si baby sejauh ini. 

Akhir minggu lalu, saya merasakan kedutan cukup intens di sekitar perut, lebih tepatnya dekat pusar. Lucunya, kedutan itu semakin terasa saat saya meletakkan earphone di atas perut, sambil memperdengarkan lagu-lagu klasik, jazz, atau ayat-ayat Al Quran. Saya pun segera bertanya pada Mama dan kakak sepupu, itu pertanda apa. Kata Mama, kemungkinan besar itu denyut jantung si baby yang mulai terasa. Sementara kata beberapa teman saya di Forum Female Daily, kedutan bisa berarti banyak: gerakan memutar, gerakan tangan atau kaki, atau cegukan. Wah, saya senang sekali menikmati setiap kedutan yang terasa. Sedikit geli, tapi lebih terasa seperti ada bagian perut yang bergetar. Ritual menikmati kedutan lebih lengkap jika dilakukan saat tidur terlentang dan santai, plus ditemani iPod Si Hejo saya tentunya!

Sudah sebesar ini pada usia 16 minggu! | lihat di sini

Selama bulan ke-4 masa kehamilan, rasa mual jauh berkurang, meskipun saya masih sensitif pada beberapa bau masakan, terutama santan. Nafsu makan lebih tinggi, tetapi saya tetap tidak terlalu doyan makan nasi saat malam hari. Saya lebih suka makan pempek, siomay, batagor, atau mengganti nasi dengan kentang atau roti. Entah kenapa, kalau malam hari nasi rasanya nggak bisa ditelan. Ehm, pengecualian untuk sushi mungkin. Kalau yang ini soal hasrat ngidam yang belum kesampaian!

Berita baik lainnya, akhir minggu ini saya akan terbang ke Jakarta untuk mudik. Mengapa mudik lebih awal? Satu, supaya saya tidak kelelahan mengingat perjalanan Bontang-Balikpapan-Jakarta cukup panjang, apalagi untuk ibu hamil. Kedua, saya bisa menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga tentunya. Sengaja saya mengambil jatah cuti lebih awal, toh mumpung kehamilan belum terlalu besar. Terbayang kan kalau saya harus bepergian dalam usia hamil tua? Oh, pasti tiga kali lebih repot daripada sekarang! 

Keluarga di rumah juga sudah tidak sabar menunggu kedatangan saya, khususnya Gilang, adik bungsu saya. Selama seminggu ini, dia rajin sekali menelpon saya setiap hari, hanya untuk bilang 'Hore, Mbak Dita sebentar lagi pulang! 3 hari lagi!' Ya, dia menghitung mundur hari kedatangan saya di Jakarta. Bahkan dia sudah pesan-pesan, saya harus memasak makanan kesukaan dia selama di sana! 

Besok saya juga akan kontrol ke dokter sebelum pulang, plus mendapatkan surat izin terbang. Semoga si baby sehat dan diizinkan dokter untuk pulang kampung. Jadi, kamu mesti sehat-sehat ya, Nak! Di Jakarta kita bakal banyak makan enak! ;)

Saya membutuhkan ini lebih banyak! :) | dipinjam di sini

Monday, August 15, 2011

Lagu lawas selalu di hati!


Saya pernah cerita kan, aslinya saya ini penggemar lagu-lagu lawas. Lagu-lagu yang bahkan dirilis sebelum saya lahir. Lagu-lagu lawas versi saya adalah lagu-lagu yang terkenal era 1970-an sampai dengan 1980-an. Sementara saya besar dengan lagu-lagu era 1990-an hingga 2000-an. 
Di rumah orang tua saya, ada begitu banyak koleksi kaset dan CD yang tertata cukup rapi. Meskipun sekarang keberadaannya kadang gelap, alias sampulnya ada, tapi CD entah nyasar di mana. Kedua orang tua saya sangat menggemari musik. 

Mama adalah pecinta musik klasik dan lagu-lagu pop yang pasti kondang pada zamannya. Papa adalah pecinta musik jazz, pop, dan slow rock, yang tentu saja masuk lagu-lagu populer pada zaman Papa muda. Papa dan Mama fasih banget berbicara soal Panbers, Koes Plus, dan grup musik Indonesia lainnya, begitu juga tentang penyanyi dan grup luar negeri. Koleksi CD Papa kebanyakan beraliran jazz, mulai dari Spyrogyra, Dave Koz, Incognito, Jake Concepion, Fourplay hingga Jeffrey Lorber. Sementara koleksi Mama lebih berkisar pada musik klasik. Ketika kaset masih populer, saya juga menemukan kaset New Kids On The Block. 

Saya juga rajin mengoleksi CD. Ehm, sejak kecil juga sudah beli CD, yaitu CD kumpulan lagu anak-anak terbitan Walt Disney. Saya juga terkena demam film Lion King, dan membeli CD soundtrack-nya. Beranjak remaja, CD pertama saya adalah Jordan Hill, penyanyi wanita yang diorbitkan David Foster. Lalu saya mulai beralih pada Boyzone dan Backstreet Boys, plus Westlife. Selera umum para ABG 13 tahun lalu. Untuk penyanyi Indonesia, saya mengoleksi CD Kahitna dan Rio Febrian. Sementara adik laki-laki saya yang kini tengah menyelesaikan skripsi, juga ketularan mengoleksi CD. Sampai detik ini, dia masih rajin menyisihkan uang jajan setiap bulan untuk beli CD. Oya, koleksi bersama kami adalah Backstreet Boys. Hampir semua album BSB kami punya CD-nya. Cuma kurang CD Millenium saja, karena kami hanya punya kasetnya.

Nah, kebiasaan kami sekeluarga setiap bulan adalah main ke toko musik, misalnya Disc Tarra, Aquarius, atau Tarra Megastore. Berapa lama kami di sana? Berjam-jam! Selalu berakhir dengan bungkusan hasil buruan kami. Toko Disc Tarra di bilangan Blok M (samping Wisma Nasional kalau tidak salah, sebelum akhirnya pindah karena kebakaran) rajin kami sambangi sejak lama. Peralihan dari kaset dan CD rasanya juga kami alami di situ. Pilihan kami lainnya adalah Aquarius Mahakam, koleksinya super lengkap! Dulu saat ada Tarra Megastore di Pondok Indah (sebelah Toy's R Us, kini Domino Pizza), semakin rajinlah kami main ke sana. Apalagi di Tarra setiap genre musik dibedakan lokasinya, sehingga memudahkan kami memilih. 

Dengan begitu kentalnya minat kami sekeluarga pada musik, saya pun juga terpengaruh oleh selera musik Papa. Bisa dibilang, selera kami agak mirip. Oke, kecuali saat saya senang Super Junior, otomatis tidak ada satu orang pun di rumah yang ikut suka, apalagi adik-adik saya. Namun, minat saya pada musik jazz dan lagu-lagu zaman baheula tidak pernah luntur. Ada masa ketika saya sangat rajin mencari tahu lagu-lagu lawas, bahkan sampai bongkar-bongkar CD koleksi Papa. Teknologi internet kini pun memungkinkan saya untuk mencari dan mengunduh lagu-lagu itu. Boleh jadi karena Papa sering memutar lagu-lagu lawas, terutama saat perjalanan di mobil, ingatan saya merekamnya. Maka ketika saya mendengarkan lagu yang sama, saya langsung tahu, saya pernah dengar lagu itu. 

Kini, memasuki usia kehamilan bulan ke-4, saya mengumpulkan kembali lagu-lagu lawas dalam iPod Si Hejo saya. Jika setahun belakangan saya lebih suka mendengarkan Super Junior, maka sekarang saya kembali ke selera asal. Lagu-lagu jazz atau pop zaman Papa muda dulu mendominasi playlist saya hari ini. Bagaimanapun juga, lagu-lagu itu everlasting, selalu enak didengar setiap saat, bahkan diulang berkali-kali! 

iPod Nano 2nd gen Si Hejo andalan saya

Berikut beberapa lagu favorit saya yang wajib ada dalam playlist lagu-lagu lawas versi saya.

  1. You Are The Universe - Brand New Heavies
  2. Through The Years - Kenny Rogers
  3. Reasons - Earth Wind and Fire
  4. Overjoyed - Stevie Wonder
  5. Just Once - James Ingram
  6. You Make Me Feel Brand New - Simply Red
  7. We Could Be In Love - Lea Salonga & Brad Kane
  8. Fixing A Broken Heart - Indecent Obsession & Mari Hamada
  9. All I Am - Heatwave
  10. After The Love Has Gone - Earth Wind and Fire
  11. Fragile - Sting
  12. Glory of Love - Peter Cetera
  13. She's Believe In Me - Kenny Rogers
  14. This Must Be Love - David Foster
  15. Raindrops Keep Falling In My Head


Sunday, August 07, 2011

I'm craving for this!

I'm really craving for this! I've managed to get some of these foods. But I still have a very long wish list of my craving! Two weeks later, I'm going to Jakarta, where I can finish my wish list! Can't wait for the day! ;)
Sale pisang. Can't get enough of this! | source here
Dates palm fruit a.k.a kurma | source here


pangsit goreng
Pangsit goreng Bakmi GM always be the best! | source here

Bakmi Special GM *nelen ludah* | source here
Stamina roll Sushi Naga | source here

Pikachu roll Sushi Naga, yummy!




Friday, August 05, 2011

Mr. Simple - MV


Ada yang bilang gerakan tangan Suju pas chorus
cocok disebut Kepret Dance *ngakak*

Saya suka video ini, sesederhana judul lagunya. Cuma boleh dibilang gerakan-gerakan tarinya kurang heboh, nggak seheboh di Bonamana. Beberapa teman saya bilang, rambut Siwon agak aneh. Saya mengamini juga sih, tetapi saya tetap nggak bisa memalingkan mata dari Siwon *halah*
Oh, dan tentu saja Kyuhyun yang terlihat ganteng seperti biasa. Mudah-mudahan anak saya ganteng seperti Siwon dan Kyu, kalau laki-laki tentu saja :D

Sejauh ini, lagu favorit saya di album ke-5 adalah Mr. Simple, Y, dan Sunflower. Belum mendengarkan secara khusyuk lagi ya. Mudah-mudahan niat saya untuk membeli album originalnya segera kesampaian, apalagi dengar-dengar ini album terakhir mereka :'(

Selamat menikmati! :)


Featured on Mom & Kiddie

Alhamdulillah, saya masih mendapatkan kepercayaan untuk mengisi artikel di media. Kali ini Mbak Yatin Suleha dari tabloid Mom & Kiddie meminta saya menjadi narasumber untuk rubrik Preschooler, dengan judul 'Hadapi Si Malas Mandi.' Artikel ini terbit pada tabloid Mom & Kiddie edisi Spesial Ramadan.

Maaf kalau gambarnya nggak terlalu jelas, belum sempat foto beneran sih ;)

Tuesday, August 02, 2011

I'm a cereal lover!

Sejak hamil sampai detik ini, saya tidak bisa berjauhan dengan sereal dan susu. Keduanya harus selalu tersedia di rumah, karena kombinasi sereal dan susu menjadi penyelamat saat saya tak bernafsu makan nasi dan lauk. Saya bisa menyantapnya kapan saja, pagi, siang, sore, atau malam, tergantung mood

Pada minggu-minggu awal kehamilan, saat mual dan muntah datang berganti, nafsu makan saya pun berkurang. Nasi adalah makanan terakhir yang akan saya paksakan masuk, terlebih pada malam hari. Saya nggak doyan makan nasi untuk makan malam. Saya lebih suka makan siomay, pempek, batagor, roti, buah, atau...sereal. 

Untunglah saya tetap suka susu. Saya terbilang rajin minum susu. Kalau ibu hamil lain banyak yang eneg atau mual mencium bau susu, saya malah suka banget! Selain susu hamil, saya juga suka minum susu Ultra. Minum susu pada waktu ngemil cukup mengenyangkan perut yang memang selalu minta diisi setiap 2-3 jam sekali. Sekotak susu ukuran 250ml memberi saya energi tambahan. Apalagi jika ditambah sereal!

Jadi, sereal dan susu harus selalu ada! Sebulan, saya bisa menghabiskan 1-2 kotak sereal ukuran besar dan 3 kotak susu Ultra plain ukuran 1 L. Hmm...mungkin nanti anak saya juga ikut doyan makan sereal? :D

Saya suka sereal sejak SD | Gettyimages
Fruit loops, salah satu kesukaan saya waktu kecil | Gettyimages

honey stars
Favorit saya tetap Honey Stars! :) | pinjam di sini


Mr. Simple, Super Junior 5jib

Daaann.....saya pun bergoyang menikmati lagu Mr. Simple pagi ini, yang resmi dirilis 2 Agustus 2011.




Let's dance!!!

Monday, August 01, 2011

Di Antara Kebahagiaan Cinta dan Perselingkuhan, 25 Cerpen Kahitna

Lihat di Gramediashop
Siapa yang tidak kenal Kahitna? 
Grup musik asal Bandung yang digawangi Yovie Widianto, Hedi Yunus, Carlo Saba, Mario Ginanjar, Andrie Bayuadjie, Dody Is, Bambang Purwono, Budiana, dan Harry Sudirman genap berusia 25 tahun pada 24 Juni 2011. Merayakan 25 tahun perjalanan musikalnya di Indonesia, sebuah buku kumpulan cerpen dirilis. Buku kumpulan cerpen ini ditulis personil dan sahabat-sahabat Kahitna. Berdasarkan sinopsis di Gramediashop, seluruh cerpen dalam buku ini mengambil judul dan terinspirasi lagu-lagu Kahitna. Beberapa kalimat dalam sinopsis tersebut yang sekaligus mewakili saya sebagai pecinta Kahitna (dan membuat saya ingin sekali membaca buku ini!) adalah,
Membaca masing-masing cerita pendek di buku ini, kita akan memahami mengapa Kahitna bisa bertahan begitu lama di hati para penggemarnya. Jawabannya tentu ada pada cinta. Kahitna selalu memiliki cara yang menyentuh dan universal untuk menyampaikan rasa cinta mereka pada penggemarnya.
Saya besar bersama Kahitna. Bisa dibilang ada banyak lagu Kahitna yang menjadi soundtrack berbagai momen dalam kehidupan saya, terutama masa remaja saya. Lagu-lagu Kahitna selalu everlasting dan enak dinyanyikan kapan saja. Saya hapal hampir seluruh lagu-lagunya, apalagi pada album yang dirilis saat saya masih SMP atau SMA, antara tahun 1997 - 2003. Belakangan memang saya jarang update dengan lagu-lagu Kahitna. Namun, saya selalu menempatkan beberapa lagu Kahitna dalam hati dan tetap hapal lirik lagunya sampai sekarang! 

Cantik, dari album Kahitna II. Ini lagu zaman cinta monyet alias pacar pertama saya.

Enggak Ngerti, dari album Kahitna IV "Permaisuriku". Kalau nonton video klipnya, jadi ingat mantan pacar yang juga beda agama, persis seperti cerita di video klip itu!

Selamat Ulang Tahun Cinta, dari album Soulmate. Lagu ini saya pakai untuk membuat video ucapan selamat ulang tahun pada pacar terakhir yang sekarang jadi suami :">

Takkan Terganti, dari album Cinta Sudah Lewat. Lagu ini sukses menjadi soundtrack galau bersama dua teman kantor kala hujan gerimis ditemani secangkir kopi susu hangat. 


Menikmati lagu-lagu Kahitna paling asyik sore-sore, pas hujan gerimis, sambil menyeruput coklat hangat, ditemani sebuah buku favorit. Enjoy


Selamat datang Ramadan!

Ramadan telah tiba kembali.
Mari persiapkan hati menyambut datangnya bulan suci ini.

Selamat menunaikan ibadah puasa! 

Jaga hati, jaga rasa, jaga pikiran | pinjam di sini
Jaga ucapan, jaga kata | pinjam di sini

Powered by Blogger.