Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Friday, April 10, 2015

Book Review: Because I'm Your Dad

Suatu hari di penghujung pekan, suami membawakan beberapa buku hasil buruan di salah satu toko buku favorit kami. Biasanya nih, kalau pergi ke toko buku macam Aksara atau Kinokuniya, kami selalu nggak bisa menahan diri untuk mengadopsi satu-dua buku dari sana. Apalagi buku anak-anak, ilustrasi dan ceritanya begitu menarik. Sama seperti hari itu, suami membawakan Rasya buku cerita berjudul 'Because I'm Your Dad' karya Ahmet Zappa dan Dan Santat sebagai ilustratornya.


Gambar si ayah monster dan anak monster sedikit mengingatkan kita pada serial kartun Henry Hugglemonster di Disney Junior. Versi Ahmet-Dan lebih besar, gemuk, dan menggemaskan.

Saat saya membaca buku itu pertama kali, saya langsung terharu. Habis yang ditulis Ahmet mewakili perasaan suami pada Rasya. Suami memang nggak begitu pintar mengekspresikan sayang lewat kata-kata, tapi semua itu begitu jelas muncul dalam perilakunya, termasuk pada anaknya. Bahkan, suami sendiri yang bilang, "Ayah Monster di buku ini seperti Ayah nih."

Dari buku ini pula saya sadar ekspresi sayang seorang ayah itu memang muncul dalam bentuk yang berbeda dengan kasih sayang ibu. Sama-sama melindungi kok, hanya mungkin lebih fun dan santai. Seperti untuk urusan makan, sarapan nggak mesti makanan yang berat-berat, bahkan spaghetti pun bisa untuk sarapan dan french toast untuk makan malam. Ayah juga yang 'mengajarkan' anak bersendawa dengan suara besar (dan puas!). Ayah pun punya cara sendiri untuk me-ninabobo-kan anak, lengkap dengan selimut yang membungkus tubuh anak sambil gigit-gigit kaki kecilnya.

Dalam versi suami, ia senang kelon-kelon Rasya dengan posisi ala koala (menidurkan Rasya di perut ala spring bed-nya). Ia juga hobi gigit-gigit pipi, tangan, bahkan kaki Rasya. Suami pun punya lagu ciptaan sendiri sebagai lagu nina bobo Rasya. Dan ia punya cara sendiri menenangkan Rasya yang sedang sedih, memeluknya sambil mengusap punggung kecilnya. 

Jadi, memang ayah punya ikatan spesial dengan anak. Persis seperti yang dilakukan Ayah Monster pada anaknya dalam buku 'Because I'm Your Dad' ini, membangkitkan kenangan kita pada ayah saat kecil.

Yuk, kita dorong suami agar mau menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak, tentunya dengan cara mereka sendiri :)


No comments:

Post a Comment