Oatmeal yummy!

Tepat pada usia 7,5 bulan, saya mengenalkan oatmeal pada Rasya. Kebetulan saat mampir Samarinda beberapa hari lalu saya membeli oatmeal untuk stok di rumah. Ya sudah ingin mengenalkan ini juga pada Rasya, sebagai variasi menu supaya tidak melulu bubur tim saring. 

Tadinya saya mau membeli Quaker Oat yang dimasak lebih dulu itu, tetapi ukuran kemasannya kok cuma ada yang besar. Weleh. Khawatir mubazir, saya membeli kemasan oatmeal merek lain yang lebih kecil. Sayangnya, saya kurang teliti membaca label, ternyata saya mengambil yang instant. Duh! 

Untunglah di buku panduan Variasi Makanan Sehat Bayi oleh Wied Harry Apriadji, bahan oatmeal yang digunakan juga oatmeal instant, tinggal diseduh. Fiuhh, berarti nggak apa-apa. Maklum baru coba, takut salah kan....

Oatmeal termasuk salah satu sarapan favorit saya. Dulu zaman masih sekolah, saya suka sekali sarapan oatmeal yang diaduk dengan susu hangat dan dimakan begitu saja. Kadang dicampur air hangat plus gula. Variasinya masih terbatas, paling cuma dengan pisang. Pikiran saya, oatmeal cocoknya dengan makanan serba manis. Oatmeal+susu= enak! Oatmeal+sayur/daging= aneh :p

Lucunya lagi, zaman ngantor di Personal Growth, oatmeal malah saya campurkan ke dalam kopi instant vanilla latte. Biar rasanya agak-agak kayak Energen gitu deh, cuma ini rasa kopi. Enak kok! 

Sekian lama absen makan oatmeal, akhirnya saya membeli oatmeal lagi. Buat Rasya, tapi pasti saya ikut menikmati, kemasan kecil pun isinya banyaaaaaaaaaakkkkkkkkk. Mungkin kalau ambil kemasan besar setahun juga belum tentu habis...
Pagi ini karena menginap di rumah mertua, saya memutuskan membawa oatmeal saja untuk sarapan Rasya. Karena di rumah cuma ada buah pepaya, jadilah pepaya parut saya jadikan pendamping oatmeal, sekaligus memberikan rasa manis alami ke oatmeal. Oatmeal saya seduh dengan ASIP hangat sampai kekentalan yang diinginkan, lalu ditambah parutan pepaya. Rasanya yaaa...rasa pepaya gitu, dan Rasya suka. Habis tuh 2 sdm oatmeal.

Sore tadi saya mencoba memasak oatmeal ini dengan kaldu. Ceritanya mau bereksperimen rasa gurih ke oatmeal. Oatmeal saya masak bersama kaldu dan sedikit air, setelah mengental, masukkan daging ayam cincang dan parutan wortel. Aduk rata di atas api kecil hingga meletup-letup dan ayam matang, lalu berikan daun seledri supaya lebih harum. Angkat dan diamkan hingga agak dingin. Supaya makin maknyus, saya berikan unsalted butter sebelum dipindahkan ke piring. Baunya menggoda lho, nggak kalah dengan bubur tim saring. 

Respon Rasya? DOYAN! Sekitar 2 sdm ludes bin tandas!


Wah, makin semangat nih saya berkreasi menu oatmeal untuk Rasya. Selain yang manis, dipadukan dengan sayur, kaldu, atau daging pun juga enak banget. Nilai gizi oatmeal sangat baik untuk kita, juga bayi. Oatmeal mengandung serat, kalsium, protein, dan beberapa vitamin B yang tinggi.

Nantinya, saya berniat memberikan oatmeal sebagai variasi sarapan Rasya. Siang dan sore baru makan bubur tim saring. Selingan berupa buah atau biskuit. Mulai hari efektif sekolah Senin besok, jadual mengajar saya kembali seperti semula, pasti ada beberapa hari di mana saya pulang agak siang saat jam istirahat. Akibatnya, saya memang harus detil nih menjelaskan menu Rasya ke pengasuhnya. Lebih baik sih kalau sudah saya siapkan semuanya sejak pagi seperti beberapa hari ini. Tinggal dipanaskan dan diberikan pada Rasya.

Yippiiiieeee, semakin besar si kecil, semakin banyak kesempatan kita berkreasi dan bereksprimen di dapur. Andai saja peralatan perang saya bertambah dua item idaman (dari zaman baru nikah lho!): mixer dan oven kompor! Minta beliin aahhh.......

*berharap suami baca blogpost ini :p*

11 comments:

  1. ikutan belajar *calon ibu :p* bersyukur ada kalian ibu2 kreatif, jadi ntar aku bisa nanya2 hehehee belum2 apa2 berencana ngerepotin....
    mas rasyaa buleet :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa calon ibuuuu....silakaaaann, aku senang kok direpotin hehehhe

      Delete
  2. Bagi resep lagi donk bund..
    :D
    Pas bgt asyifa baru 2 hari mam oat, tp masih bingung mau d campur ap..
    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayurannya diganti aja. Bisa kombinasi cincangan bayam yg sudah direbus sebentar plus ayam giling. Jagung manis diserut, cincangan bawang bombay, plus ayam/daging giling. Tomat kupas cincang plus daging giling. Klo udah boleh keju, ditaburi dikit boleh. Atur cairannya aja, klo mau gurih pake kaldu ayam/sapi, klo manis pake asip/susu uht/sufor tambah pure buah atau cincangan buah. Semoga asyifa suka ya ;)

      Delete
  3. Oatmeal ny ap blh yg merk Quaker Oat?

    ReplyDelete
  4. Brp sdm oatmealnya bun?

    ReplyDelete
  5. Baby sya msh 4bln..lg cari2 resep mpasi nii..wlopun msh 2bln lg..tp msh bingung pilih oatmeal nya..apa smua merk boleh dipake buat baby??

    ReplyDelete
  6. Baby sya msh 4bln..lg cari2 resep mpasi nii..wlopun msh 2bln lg..tp msh bingung pilih oatmeal nya..apa smua merk boleh dipake buat baby??

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Klu kaldu ayam yg udh jd blh g Bun?
    Kya merk Koala gtu Bun,,,yg untuk bayi...!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.