Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Sunday, September 09, 2012

Catatan Rasya (9): waktunya menjelajah!


Oleh-oleh yang dibawa Rasya sepulang dari Jakarta adalah perkembangan motorik yang luar biasa pesat. Bayi kecil yang sering dibilang cantik ini (iya, gara-gara garis wajahnya halus, mengikuti ayahnya) langsung unjuk kebolehan dan kelaki-lakiannya *ups!*

Konon, banyak mitos yang bilang bahwa bayi laki-laki lebih dulu bisa merangkak atau jalan ketimbang perempuan. Sementara bayi perempuan cenderung cepat bicara daripada jalan. Ada lagi kenalan saya berkata, kalau sudah tumbuh gigi, nanti lambat jalannya. Saya sih nggak percaya amat dengan mitos semacam itu. Saya lebih percaya bahwa setiap bayi punya waktunya sendiri. Tumbuh kembang tiap bayi itu unik. Panduan yang kita ketahui selama ini berlaku secara umum, tetapi kembali lagi pada keunikan perkembangan setiap anak :)

Nah, Rasya, si bayi 7 bulan ini, memang luar biasa. Saya tetap takjub dengan perkembangannya. Setiap hari ada saja keahlian baru yang ia kuasai. Layaknya seorang bocah laki-laki, kini ia aktif sekali menjelajahi segala hal yang ia lihat di sekitarnya. Apapun dilihat, dipegang, dan dimasukkan mulut. Ekstra hati-hati dan pengawasan adalah mutlak! 

Ini nih keahlian Rasya yang sudah ia kuasai dengan baik.
  • Duduk dengan tegak, tanpa bantuan tentunya. Repotnya, kalau di tempat ganti pakaian, ia sering enggan duduk. Maunya berdiri terus!
  • Berdiri dengan berpegangan. Kasur di boks bayi sudah diturunkan, itu pun ternyata ia tetap bisa berdiri nongol. Berdirinya tegak lho, kakinya sudah jejak, menapak ke lantai. Nggak jinjit sama sekali!
  • Merangkak dengan cepat. Awalnya masih merayap, ngesot deh. Sekarang bisa merangkak dengan cepat, apalagi kalau diimingi remote tv atau handphone. Langsung saja dia maju jalan tanpa ragu.
  • Mengambil semua barang yang tersusun rapi dan diacak-acak sesuka hati. Lucu sih melihat ekspresi Rasya saat sedang asyik melihat dan memainkan barang-barang itu, hehehe. Serius banget!
  • Memukul-mukul sesuatu, paling sering meja di high chair, tempat ia duduk saat makan.
  • Belajar menggenggam barang-barang berukuran kecil dan tipis, misalnya kertas atau tali. Oiya, caranya menggenggam makanan juga semakin pintar! 
  • Mengunyah. Sejak giginya semakin besar, ia juga semakin pintar mengunyah. Maka, saya tidak lagi hanya memberikan bubur tim saring, kadang saya saring separuh, separuhnya cukup dihaluskan dengan punggung sendok supaya bertekstur.
  • Mulai mengerti jika ditinggal sebentar. Pasti Rasya akan menangis heboh deh. Walaupun akhirnya kalau 'dicuekin' ya dia main sendiri juga :p

Minggu depan Rasya akan genap 8 bulan. Ayo, Lil', tunjukkan lagi keahlian baru kamu lainnya! Rasya cepat besar, cepat kuat, cepat pintar, jadi anak yang paling hebat! :D


No comments:

Post a Comment