Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Friday, September 21, 2012

Cerita tumbuh gigi Rasya

Hari Kamis minggu lalu saat waktu istirahat siang, saya mendapati Rasya demam. Suhu tubuhnya menghangat dan ia terlihat lesu, enggan dilepas dari gendongan neneknya. Saya curiga, sepertinya ia tumbuh gigi atas, mengingat seorang rekan pernah bilang bahwa anaknya juga panas saat tumbuh gigi atas. Sebenarnya sih saya nggak terlalu senewen, tapi ya khawatir juga, apalagi suami sedang dinas ke luar kota. Dan Rasya demam persis di hari ayahnya berangkat! 

Akhirnya, Rasya pun ke dokter. Dokter periksa memang tidak ada tanda apa-apa, mungkin karena baru hari pertama. Bisa tumbuh gigi atau flu. Rasya bersin-bersin sih. Yang penting, tetap pantau suhu tubuhnya. Sobatan dulu yuk sama termometer. 

Seharian itu Rasya enggan makan. Maunya cuma menyusu saja. Ia ingin didekap terus. Baru menjelang malam saya beri Rasya sekeping biskuit Farley favoritnya. Ia pun mau makan meski sedikit. Cara menggigit biskuitnya juga tak seperti biasa, saya makin yakin ia mau tumbuh gigi. Malam itu Rasya masih hangat dan saya cuma bisa mendekap sambil membuka kaus Rasya sehingga terjadi skin-to-skin contact untuk 'memindahkan' panas tubuh Rasya.

Ekspresi lesu Rasya
Esoknya, saya memutuskan memasak sup kentang daging untuk makan Rasya. Mungkin kalau sedang sakit, beri makanan yang teksturnya lebih lunak lebih mudah ditelan. Apalagi kalau giginya benar mau tumbuh, pasti yang lunak lebih enak. Alhamdulillah, hari itu Rasya makan sangat lahap! Makanya hari Sabtu saya bikin sup jagung oatmeal dan sukses dilahap Rasya. 

Sabtu siang Rasya sudah tidak terlalu demam. Suhu tubuhnya berangsur normal, tetapi kadang kepalanya masih panas. Saya baru ngeh bahwa memang suhu kepala bayi biasanya lebih panas daripada suhu tubuh. Karena tangan dan kakinya tidak panas, sementara kepalanya panas. Namun, Rasya tetap terlihat aktif dan bergerak sana-sini.

Hari Minggu saat bermain dengan Rasya, saya melihat putih-putih pada gusi atas Rasya. Wuih! Apaan tuh?? Saya raba gusi atasnya dan voila! Yes, itu giginya tumbuh beneran *senyum lebar* Antara satu atau dua buah, yang jelas satunya sudah nongol sempurna dan besar, sementara satunya lagi masih mendem dalam gusi. Oalah, jadi ini toh penyebab Rasya demam.

Mungkin benar kata orang dulu, termasuk Mama. Katanya kalau anak demam (yang tidak terlalu tinggi alias belum sampai bikin panik se-RT) biasanya dia akan tumbuh gigi atau bertambah kepintarannya.

Tapiiiiiii................habis gigi nongol secara resmi, saya juga baru menyadari Rasya flu! Jadilah dia meler atas bawah, ihiks..... :( Gara-gara suami dan saya baru saja flu juga. Maaf ya, Lil', kamu jadi ketularan....*peluk sambil endus-endus bau asyemmm Rasya*

Selasa kemarin Rasya sudah dibawa ke dokter lagi. Kali ini diberikan obat untuk menyembuhkan flu. Sampai saat ini kadang masih meler dikit, tetapi Rasya terlihat lebih segar dan tentu saja semakin aktif. Mau ketemu Rasya? Silakan cari dia di ruang tamu/TV, pasti sedang asyik berantakin majalah atau DVD, atau merangkak cari pegangan dan mau berdiri. Kalau nggak ada di situ, ia pasti di kamar bersama saya dan sedang merambat di sandaran tempat tidur.

That's Lil'! :*

7 comments:

  1. Waaa samaaa, Saif juga lagi pembukaan nih giginya. Agak telat dari sepupunya yg udh tumbuh dari umur 6 bulan hehe..
    Selamat yaaa :-)

    Btw Saif juga lagi flu nih karna si gigi ini. Meler pulak hadeeeuh..
    Eh iya, Rasya beratnya berapa 'dit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, Rasya juga dari 6 bulan dah 2 mi, di bawah. tapi pas tumbuh gigi bawah gak pake panas. aman aman aja. ealah gigi atas pake panas ternyata. jadi sekarang gigi Rasya udah 4! *siap2 digigit*

      Rasya kemarin 8,2kg. Masih oke tuh klo liat KMS. Cuma memang secara penampakan agak kurus karena tiap hari menjelajah sana sini. pahanya aja masih berlipet2 :p
      Saif berapa?

      Delete
    2. Saif termasuk turun perkembangan beratnya, dulu awal baru nongol, 3 minggu bisa naik 1.9 kg hehehe..
      Eeh skrg 9 bln cuma 8.1 kg dan lagi gue gelondongin sih. Soalnya beneran aktif bgt, semua org pd kewalahan, kyk jagain kembar 3 katanya..

      Btw Rasya udh bergigi buanyaaaakkkk, bagi satu dong buat Saif hehehe..

      Delete
  2. Laki ya bo,aktif luar biasa hahaha. ini baru merangkak, apa kabar klo dah jalan n lari2? makin langsing donk emaknya ngejar2 :P gue ngeliat bayi perempuan anak tetangga sebelah, beda sebulan sama Rasya, dia masih mau duduk anteng dipangku. anak gue? loncat2 kayak di trampolin hihihi

    Saif, nih gigi Rasya :D *lempar satu gigi untuk Saif*

    ReplyDelete
  3. Wahhhh... tinggal anakku yang belum tumbuh gigi padahal sudah mau 8 bln.

    ReplyDelete
  4. Mom, berarti rasya tumbuh gigi atas dulu ya baru bawah?

    ReplyDelete
  5. Mom, berarti rasya tumbuh gigi atas dulu ya baru bawah?

    ReplyDelete