Wajib Tahu, Mengapa Harus Sarapan Pagi Sebelum Jam 9

Bicara soal sarapan, teman-teman masuk tim mana: selalu sarapan atau nggak sarapan?

Kalau saya, sarapan itu harus! Sejak zaman sekolah dulu, meskipun jemputan selalu datang jam 6 pagi, saya sudah terbiasa sarapan. Kebiasaan ini terus berlanjut hingga kuliah, bekerja, menikah sampai punya anak. Walau kadang sarapan ala anak kost cuma minum teh/kopi/susu hangat untuk celupan biskuit, tetap saja itu sarapan kan?

Begitu pula saat hamil dan menyusui, wuih jangan tanya porsi sarapan saya ya! Makin banyak hahaha. Malah bangun tidur ku langsung sarapan, maklum lapar setelah semalaman diajak begadang sama bayi. 

Rupanya, sarapan yang dilakukan dalam waktu 60 menit setelah bangun pagi justru baik untuk metabolisme tubuh kita lho! Bayangkan, saat tidur, tubuh kita ibarat puasa karena tidak ada makan dan minum yang kita konsumsi selama 6 - 8 jam. Terakhir makan malam sekitar pukul 7 malam. Praktis perut kita kosong dong. Inilah yang membuat kadar gula darah kita rendah saat bangun pagi. 
Jika kita memutuskan untuk menunda sarapan hingga menjelang siang, energi kita pasti habis dan justru kita makan sebanyak-banyaknya saat makan siang. 

Nggak heran kan kalau para ahli menyarankan untuk sarapan pagi sebelum jam 9. Pada rentang waktu sejak kita bangun tidur sampai jam 9 pagi adalah periode kritis dalam tubuh kita, apakah tubuh telah mendapatkan cukup asupan gizi untuk beraktivitas seharian atau tidak ada asupan yang masuk sama sekali ke dalam tubuh. Jika tidak sarapan, energi kita menurun drastis dan kita tidak bisa fokus beraktivitas. Bagaimana bisa bertahan aktif seharian penuh kalau belum juga siang kita sudah lemas tak berdaya karena nggak sarapan?

Inilah yang saya terapkan pada keluarga kecil saya: sempatkan sarapan sebelum memulai aktivitas hari. Sarapan mengenyangkan itu bikin kita lebih semangat memulai hari dengan positif. Saat sudah sarapan, rasanya tubuh lebih bertenaga untuk melakukan beragam kegiatan yang menguras pikiran dan fisik juga, baik di sekolah maupun di kantor. Ulangan mendadak dari guru bisa dikerjakan dengan mudah. Diajak meeting pagi-pagi setibanya di kantor pun nggak masalah. Harus bersih-bersih rumah juga ayo!

Makanya, sarapan itu waktu makan favorit saya, mood booster di pagi hari sebelum sibuk mengurus anak dan rumah. Menu sarapan untuk keluarga ala saya sih biasa saja, sesuai bahan yang ada di rumah. Biasanya nggak jauh dari nasi, telur ceplok/dadar/orak-arik, pancake, roti goreng, mie goreng buatan sendiri, atau kadang mie instan (pas belum sempat belanja). Menu tersebut saya prioritaskan untuk suami dan anak-anak. Maklum, pas masak biasanya saya sudah icip-icip, jadi kenyang duluan hahaha.

Namun, ada satu sarapan yang saya nggak mau berbagi sama siapapun di rumah. 

Sarapan Favorit! 
Iya, Energen rasa vanila, itu rasa favorit saya sejak pertama kali kenal Energen. Biasanya, saya sarapan ini setelah selesai memasak sarapan untuk serumah atau saat Runa sudah tidur pagi sekitar pukul 8. Bagi saya, menyeduh Energen, menghirup aroma vanila, menyeruputnya saat masih hangat, daaaannnn ....... meminumnya hingga tersisa sereal dan susu yang mengental di bagian dasar mug, itu semua me-time yang nggak boleh diinterupsi!

Energen juga pilihan terbaik untuk teman-teman yang enggan sarapan nasi. Walau berbentuk minuman, kandungan susu, sereal, telur, vitamin, dan mineral dalam Sigmavit di setiap kemasannya membuat perut cukup kenyang untuk waktu yang lama. Terbilang ringan, tetapi jelas minum makanan bergizi. 

Mengapa harus sarapan pagi sebelum jam 9? Karena dengan menyempatkan diri sarapan sehat setiap pagi, kita lebih mudah berkonsentrasi dan berenergi saat beraktivitas. Prestasi yang dicapai pun lebih optimal sebab didukung oleh tubuh yang fit pula. Semua orang mau dong berprestasi ciamik? Bekalnya hanya satu: sarapan sehat setiap pagi! 

Ehem, kalau prestasi versi saya sih semua urusan rumah selesai sebelum jam 9. Setelahnya bisa mengaktualisasikan diri dengan mengerjakan tugas atau kerjaan lepas lainnya ;)

Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak sempat sarapan yaaa.

Ayo sarapan sehat setiap pagi dengan Energen, Minum Makanan Bergizi!

1 comment:

  1. iya kita perlu sarapan biar lancar aktivitas sepanjang hari.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.