Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Thursday, January 27, 2011

Sunday = Cooking Day!

Ini cerita hari Minggu kemarin.
Sejak pindah rumah dan benar-benar harus mengurus rumah berdua saja, saya dan suami sepakat menjadikan akhir pekan sebagai hari 'makan di rumah' a.k.a saya masak! Menurut perhitungan kami, terlalu besar tenaga dan biaya yang mesti dikeluarkan jika hari-hari kerja saya memasak. Apalagi saya juga bekerja. Walaupun saya suka sekali memasak, tetapi menyeimbangkan energi antara memasak dan membereskan pekerjaan rumah sudah cukup repot. Jadilah kami sepakat, setiap akhir pekan diisi dengan memasak makanan favorit :)


Minggu kemarin, saya memasak pasta saus bolognese dan onion rings. Sisa pasta penne masih ada, lalu suami membelikan pasta fussili karena khawatir kurang dan tidak menemukan pasta penne di supermarket tempat kami berbelanja. Untuk saus bolognese, saya menggunakan saus cepat saji dari La Fonte. Sebetulnya, saya baru terpikir membuat onion rings saat mencincang bawang bombay sebagai campuran saus. Meskipun ukuran bawang bombay tidak terlalu besar, tetapi lumayan juga dijadikan makanan pendamping pasta bolognese. 


Ini cara membuatnya! :)

Onion Rings


Bahan:
2 buah bawang bombay ukuran sedang, potong melintang bentuk cincin
3 sdm tepung terigu
2 sdm tepung beras
ketumbar, uleg kasar
garam
merica
air secukupnya


Cara membuat:
  1. Potong melintang bawang bombay, lalu iris kira-kira 1 cm, dan pisahkan sehingga bawang menyerupai cincin. 
  2. Aduk rata tepung terigu, tepung beras, ketumbar, garam, dan merica dengan air secukupnya. Masukkan bawang bombay ke dalam adonan, sambil diaduk supaya bawang terbungkus adonan tepung bumbu.
  3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Ketika sudah panas, kecilkan api. Goreng bawang bombay sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan dengan saus sambal.
Note : pada beberapa resep yang saya cari di Google, ada yang bilang pakai telur saja untuk mengaduk adonan tepungnya, supaya bisa adonan bisa menempel di bawang. Saya belum mencobanya sih, tetapi saya ragu kalau pakai telur apakah onion rings bisa kering dan garing. Pada resep ini, saya sarankan airnya tidak terlalu banyak, supaya adonan tidak terlalu encer. Nah, nanti saya mau coba lagi kalau pakai telur bagaimana hasilnya. Pasti saya update kok! :)


Pasta saus Bolognese

Bahan:
300 gram pasta kering, rebus dalam air mendidih bersama garam dan sedikit minyak goreng (dalam resep ini saya memakai Penne dan Fussili)
1 buah bawang bombay, cincang halus
Mentega secukupnya
Saus bolognese La Fonte
Gula pasir secukupnya
Pala bubuk
Merica bubuk
Keju, parut kasar

Cara membuat:
  1. Rebus pasta dalam air mendidih, aturannya sama seperti dalam resep Penne Chessy Sauce. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Lalu beri mentega supaya pasta tidak lengket.
  2. Untuk saus, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan saus bolognese La Fonte, aduk rata. Tambahkan bumbu lainnya sesuai selera: pala, gula, dan merica. Setelah matang, masukkan pasta dan aduk rata.
  3. Sajikan bersama parutan keju dan saus sambal.

Mantabh banget! Suami saya sampai kegirangan dengan masakan ini. Bikin nagih lagi! Hahahaha :D

Selamat mencoba! :9

2 comments:

  1. bunda salam kenal
    aq suka blognya bunda...
    resepnya penasaran mau aq coba...semoga berhasil seperti bunda...=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir, salam kenal juga :)

      Delete