Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Monday, December 27, 2010

Penne Cheesy Sauce ala Chef Bhuy! :9

Pasta! Pasta!

Senangnya, satu rumah ikut menikmati pasta buatan saya kemarin sore!
Permintaan spesial dari suami, ingin dibuatkan pasta dengan saus keju ala chef Bhuy. Jadi, Sabtu kemarin bersama suami, saya berburu bahan untuk memasaknya. Agak sulit menemukan pasta seperti spagetti dan sejenisnya di sini. Dua swalayan yang saya datangi sedang kosong stok-nya. Bahkan, kecap maggi juga nggak ada. Waduh, saya sudah khawatir masakan saya nggak jadi karena bahannya kurang lengkap.

Untung di mini market dekat rumah ada yang jual pasta. Meskipun tidak ada spagetti, saya membeli penne sebagai gantinya. Terakhir saya membuatkan pasta saus keju untuk adik saya juga dengan menggunakan penne. Lucunya, pas masak tadi saya baru ngeh, bumbu dapur yang saya kira pala ternyata semacam kluwek! Hahaha, habis bentuknya mirip. Karena dibungkus plastik dan seukuran pala, saya langsung mengambilnya. Begitu dibuka, kok kulitnya keras banget? Lalu waktu saya goyangkan, kok ada isinya? Jangan-jangan kluwek?! Hahaha :P Baguslah di swalayan sebelumnya saya membeli pala bubuk, jadi tetap pakai pala :)

Suami minta pasta dimasak sore-sore untuk penahan rasa lapar sampai malam nanti. Setelah jam tidur siang (iyaa, di rumah mertua ada jam tidur siang lhoo!), saya mulai memasak sekitar pukul 4 sore. Di rumah mertua menggunakan kompor listrik untuk memasak. Kompornya seperti kompor gas, tetapi pemanasnya menggunakan daya listrik. Hanya saja, kita mesti membiarkan alat pemanas dan wajan/panci betul-betul panas dulu, baru masukkan minyak. Butuh sabar sedikit!

Nah, ini bahan-bahannya untuk membuat penne cheessy sauce ala chef Bhuy!

Bahan pasta:
350 g penne, rebus dalam air mendidih bersama garam secukupnya dan sedikit minyak

Bahan saus keju:
2 sdm mentega untuk menumis
1 buah bawang bombay, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
4 buah sosis sapi, potong bulat-bulat
150 g keju quick melt, parut kasar
500 cc susu cair
3 sdm tepung terigu
1 sdm merica butir, ulek kasar
1 sdm kecap maggi
1 sdm pala bubuk atau parutan pala
Garam secukupnya

Bahan sayuran:
150 g sayuran beku, rendam dalam air panas
1/2 buah bawang bombay, iris kasar
1 sdm merica butir, ulek kasar
1 sdm kecap maggi
Garam secukupnya
Royco secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus penne dalam air mendidih. Tambahkan garam dan sedikit minyak, sambil sesekali diaduk-aduk supaya pasta tidak lengket. Rebus kira-kira 10 menit atau sampai tingkat kekenyalan yang diinginkan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Taruh dalam wadah dan beri mentega secukupnya saat masih panas.

2. Untuk saus, panaskan mentega, lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis sampai harum. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai menggumpal dan kering/tidak lengket di wajan. Masukkan susu cair, aduk sampai rata dan susu agak mengental.

3. Setelah susu agak mengental, masukkan parutan keju. Aduk sebentar, lalu tambahkan bumbu-bumbu : kecap maggi, merica, garam, dan pala. Aduk terus sampai saus keju mengental. Jika suka saus yang agak manis, bisa ditambahkan 1 sdm gula pasir. Bumbu-bumbu bisa disesuaikan juga dengan selera kita :)

4. Setelah saus keju mengental, masukkan sosis, aduk rata. Kemudian tambahkan penne, aduk terus sampai seluruh saus menyatu dengan penne dan matang. Angkat dan sajikan bersama parutan keju.

5. Sayuran bisa menjadi variasi pendamping pasta jika suka. Lebih baik menggunakan sayuran segar seperti brokoli. Jika tidak ada, bisa diganti dengan sayuran beku. Panaskan mentega dan tumis bawang bombay. Tambahkan kecap maggi, aduk sebentar. Masukkan sayuran beku yang sudah direndam dalam air panas. Tambahkan merica, garam, dan royco. Tumis sampai matang.

Tadddaaaa!!!!!!!!!!! :)
Sayangnya, foto hasil masakan ini nggak ada. Tetapi ada foto saya sedang memasak!! :)
Chef Bhuy! :9



Spagetti Cheesy Sauce yang dulu saya buat di rumah :9


Semoga resepnya pas! Selamat menikmati! :)

No comments:

Post a Comment