Bolu Tape Kukus

3:53 PM
Saya suka banget dengan tape singkong, favorit saya adalah tape goreng. Dimakan hangat-hangat sambil minum kopi pas cuaca hujan, terus makannya di saung gitu, hmmmm......
Setiap lihat tape, langsung ingat Papa, soalnya papa saya orang Sunda tulen, sukanya peuyeum. Segala bentuk tape si Papa teh doyan banget. Agaknya serumah yang ikutan doyan tape cuma saya deh!

Di kota saya tinggal, mendapatkan tape terbilang mudah. Di pasar ada, di tukang sayur ada. Namun, rasanya nggak setajam tape di Jawa, apalagi peuyeum Bandung. Ya judulnya tetap tape, tetapi dari segi citarasa kurang legit. Biar begitu, tetap kok saya doyan hehehe.

Berhubung suami kurang doyan tape dan saya juga agak ngeri kalau kasih tape begitu saja ke Rasya, maka kali ini saya coba resep Bolu Tape Kukus. Resepnya saya ambil dari Sajian Sedap, sambil sedikit saya kurangi beberapa bahan karena nggak ada. Mari dicoba!


Bolu Tape Kukus 

Bahan
2 butir telur
100 gram gula pasir
1 sdt emulsifier (SP)
100 gram tepung terigu
100 gram tape singkong
100 ml santan kental instan
1/2 sdt garam
1 sdm coklat bubuk

Cara membuat

  1. Blender tape singkong dan santan sampai lembut, sisihkan.
  2. Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburan terigu.
  3. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang dengan mixer berkecepatan tinggi.
  4. Panaskan dandang dengan tutup panci yang diberi serbet.
  5. Masukkan tepung terigu bergantian dengan campuran tape singkong sambil diaduk perlahan dengan spatula. Aduk seperlunya sampai rata, jangan terlalu banyak mengaduk ya.
  6. Kalau versi saya, saya menyisihkan 3 sendok sayur adonan ke mangkuk bersih, tambahkan coklat bubuk, aduk rata.
  7. Tuang adonan putih ke dalam loyang, tambahkan adonan coklat, 'ratakan' acak dengan garpu/tusuk sate. Lakukan sampai adonan habis.
  8. Kukus dalam dandang yang sudah panas selama 30 - 45 menit. 
  9. Angkat, dinginkan, potong sesuai selera, sajikan.
Ssssttt.......Rasya doyan banget lho! Yeay!


No comments:

Powered by Blogger.