Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Saturday, February 02, 2013

Memasak tanpa MSG

Saya suka masak sejak masih lajang. Begitu menikah, kadang-kadang masak, tergantung mood. Maklum, pas hamil cepat capek. Biasanya sih yang gampang aja. Favorit suami ya pasta, makanya sering posting resep pasta :D

Saya senang menggunakan bumbu penyedap seperti Masako atau Royco ketika memasak. Lebih gurih dan sedaaappp, apalagi untuk masakan ala Cina. Nggak sip kalau nggak pakai!

Masalahnya, sejak Rasya mulai makan makanan yang sama dengan kami (table food), saya jadi berpikir dua kali untuk menggunakan bumbu penyedap. Berusaha seminimal mungkin menggunakannya, atau memilih paduan garam-gula agar mendapat rasa gurih.

Nggak maksimal? Iya sih, tapi daripada lidah Rasya 'diteror' MSG terus-terusan? Sesekali (misalnya saat makan di luar) bolehlah, lha kalau tiap hari 'kan bisa bikin 'nagih.'

Sayangnya, mengatur takaran garam-gula itu gampang-gampang susah. Kadang keasinan, kadang kemanisan. Jadilah saya melirik ke senjata pamungkas, Jay's Kitchen All Purpose Seasoning. Komposisinya berupa bumbu rempah alami, tanpa penguat rasa buatan alias MSG. Paduan bawang putih, paprika, lada hitam, garam, bawang bombay, mustard, dan ketumbar ternyata bisa memberi rasa ciamiikk ke masakan.

Beberapa kali saya menambahkan bumbu ini ke masakan seperti sop, oseng tempe, nasi goreng, dan kakap goreng tepung. Rasanya, hmm....enaaakkk! Paling penting Rasya doyan dan lahap! (Padahal mah memang Rasya suka semua makanan :p)

Penting nih punya bumbu penyedap semacam ini di rumah. Bikin masakan lezat tanpa ekstra penguat rasa buatan. Coba yuukk!

Siapa bilang masakan tanpa MSG itu nggak enak? :D

8 comments:

  1. SETUJUUU!!!

    sejak mulai belajar memasak *awal menikah dulu* saya memang jarang memakai msg, apalagi setelah ada Ara malah samsek tidak paakai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak & sehat yang pasti! siapa tahu makin sering masak semakin tahu mana bumbu yang pas supaya masakan lebih gurih :)

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Bisa banget kok kok tanpa msg... Bahkan tanpa seasoning yg gt gt.... Mmg hrs jd pinter tau bumbu sih jadinya... Kalau ngandelin masako sih banyak yg bisa... C kalau si bayi udah mulai ikutan menu org dewasa jd kasian bgt. Aku di jgja jd polisi msg di rumah sawitsari.... Kalau g mulai dr ortunya, anaknya ya jd generasi kg kita dl yg termasuk suka penyedap masakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, polisi MSG :D aku sih ngatur sendiri, tapi ya klo tinggal sama ortu emang susah-susah gampang ngatur makanan anak :p yang penting diusahakan seminimal mungkin, ga mutlak steril MSG. makin gede anak kan makin kuat juga pencernaannya. sesekali klo makan di luar atau pas acara2 ultah gitu boleh lah dilonggarin sedikit :)
      kecup sayang buat Jasmine :*

      Delete
  4. saya juga masak tanpa msg mba hehehe, sampe sampe suami kalo makan di warung makan (ngga makan dirumah) pasti ngeluh lidahnya kaya sakit gitu saking udah jarang makan masakan ber-msg, hidup non msg!!

    prinsip saya sih, kalo ada restoran / warung yang masakannya enak pasti msgnya sebungkus hahaha, udah tau rahasia masakan enak soalnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, sekarang sih saya coba begitu di rumah, paling utama untuk rasya. giliran masak buat suami malah diprotes, rasanya tawar, hihihi. jadi saya siasati dengan dipisah dulu untuk rasya. tapi masih belajar lagi sih, kadang masih keasinan, kadang hambar banget. gampang2 susah hehe

      Delete
  5. terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat penting, selain itu perhatikan juga apa alat memasak Anda sudah sehat?

    regards,
    oxone

    ReplyDelete