Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Saturday, March 09, 2013

Catatan Rasya (14): Uh! Eh!

Ngebengkel
What to expect from a 13 months toddler?
Jawabannya, banyak banget!
Menginjak usia 1 tahun, pasti semua orang tua berharap anaknya segera bisa jalan. Berjalan adalah salah satu tonggak perkembangan terpenting dalam hidup manusia. Nggak heran kalau setiap bertemu kenalan, pertanyaan pertama selalu,"Sudah bisa jalan belum?" *si Mama langsung berpikir untuk bikin voice note jawabannya supaya tinggal putar rekamannya saja*

Bagaimana dengan Rasya?
Sejak sudah menjejakkan kaki dengan mantap di lantai, ia tinggal menunggu 'AHA!' moment untuk mulai berjalan tanpa pegangan. Jika dilepas, dua sampai tiga langkah sudah bisa. Berdiri sendiri dengan bertumpu kaki sudah jago, malah sambil pasang aksi joget tangan 'dang ding ding dang dung, dang ding dung ding dang ding dung' plus ekspresi pamer gigi :D Soal memanjat sih Rasya sudah khatam. Tahu-tahu naik ke sofa dan duduk anteng di situ. Naik turun sofa jadi makanan sehari-hari Rasya.

Menariknya, ia punya banyak ekspresi dan beragam kebisaan baru. Rata-rata sih karena sering berinteraksi dengan neneknya (ibu mertua saya). Mata genit, suara gajah, suara burung, sampai berbagai bahasa non verbal (umumnya gerakan tangan). Salah satu kebiasaan unik Rasya adalah menyalakan dan mematikan lampu. Setiap datang ke rumah neneknya, pasti ia langsung bilang 'Uh!' sambil menunjuk ke lampu. Maka sudah jadi tugas rutin Rasya untuk menyalakan dan mematikan lampu, ya di rumah neneknya, juga di rumah kami sendiri. 

Rasya juga mulai menghapal semua rutinitasnya sehari-hari. Ia tahu ketika saya menyiapkan makanan, langsung bilang 'Mamammm', mau minum pasti bilang 'Ah!' Paling ngehits, jika mau mimik ASI, heboh menunjuk gentongnya dan kalau tidak segera dituruti langsung menangis penuh drama (_ _)" 

Sudah dua hari ini pula ia senang menyeringai memamerkan delapan giginya (dua gigi taring sudah mengantri untuk unjuk diri!). Rasya juga mulai pintar menunjuk barang sesuai namanya. Setiap hari saya sibuk menjawab semua hal yang ia tunjuk. Setiap dia bilang,'Uh!' atau 'Eh!' saya harus segera menjawabnya, 'iya, itu lampu, Rasya mau nyalain lampu?' atau 'Itu burungnya banyak yaa!' dan lain-lain. Agaknya, masa di mana Rasya mulai banyak bertanya akan segera tiba! 

Hmm...semakin besar si kecil, tantangan kita sebagai orang tua pun semakin banyak ya? Saya harus segera menyamakan langkah dengan Rasya nih supaya dapat mendampinginya menjelajahi dunia! *langsung baca buku tentang tumbuh kembang batita* ;)

Nyam!

No comments:

Post a Comment