Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Tuesday, March 19, 2013

Cinnamon Rice Pudding with Cheese

Inline image 1

Sebenarnya sudah lamaaaa sekali ingin coba resep ini, gara-gara lihat di Mommies Daily. Resep Mbak Affi ini bikin saya mupeng, karena saya juga suka banget segala macam bubur apalagi yang manis legit. 

Kebetulan Minggu pagi saya melihat nasi masih banyak banget di rice cooker. Langsung deh buat puding nasi ini. Ternyata eh ternyata, enaaaaakkk banget! Rasya juga suka, apalagi saya, hahaha. Suami mah mengernyit doank pas saya bilang ini puding nasi. Maklum, dia bukan pencinta makanan manis. 

Resep dari Mbak Affi tadi saya modifikasi sedikit. Di rumah ada kacang pistachio, oleh-oleh dari tetangga yang pulang umroh. Nggak banyak, tapi cacahan kacang pistachio lumayan memberikan tekstur tersendiri untuk puding nasinya. Plus, saya tambahkan keju untuk mengimbangi rasa manisnya. Seperti biasa, gurihnya keju memberikan rasa yummy!

Bahan:
2 sendok centong nasi putih matang
5 - 6 sdt gula pasir (manisnya bisa disesuaikan)
1 - 2 cangkir susu cair 
1 butir kuning telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt bubuk vanili
Bubuk pala
Bubuk kayu manis
Keju parut
Kacang pistachio, cacah kasar

Cara membuat:
  1. Campur nasi putih, susu, gula pasir, dan garam dalam panci. Masak dengan api sedang hingga susu mendidih, sambil diaduk sesekali.
  2. Setelah susu mendidih, kecilkan api, tambahkan bubuk pala, bubuk kayu manis, bubuk vanili, dan parutan keju. Boleh ditambahkan juga cacahan kacang pistachio (bisa diganti kismis, kurma, atau jenis kacang lain) Aduk terus hingga nasi menjadi bubur lembut. 
  3. Matikan kompor, tambahkan kuning telur, aduk cepat, lalu nyalakan kembali kompornya. Masak sebentar dengan api kecil supaya kuning telur tadi bercampur rata dengan nasi dan tekstur puding nasinya sedikit lebih padat (tidak seencer bubur biasa). Setelah matang, angkat, dan tuangkan ke mangkuk saji.
  4. Bila suka, tambahkan parutan keju, cacahan kacang pistachio, dan bubuk kayu manis supaya lebih wangi. Sajikan hangat. Katanya, dingin juga enak. Saya lagi coba di rumah kalau disajikan dingin bagaimana :D
Gampang 'kan? 
Bisa untuk sarapan atau cemilan lho. Soalnya, cukup mengenyangkan, apalagi kalau ditemani secangkir kopi, hmmm....enak! :9
       

2 comments:

  1. IIh mau coba aah gue resep ini..
    Kayaknya ok 'dit..
    Gue selama ini bikinan Saif tuh kebanyakan yg variasi dari karbo selain nasi, kayak makaroni, kuskus (alias couscous), kentang dsb. Justru kalo nasi standarnya cuma masak biasa atau bubur.
    Thanks ya idenya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasya sih doyan, my. malah kayaknya lebih doyan gue daripada Rasya, hahaha. bisa dibuat variasi lho...tambahin macem2 untuk isiannya, bisa kacang atau buah pear/apel yang dipotong dadu. kemarin gue bikin lagi, ditambahin coklat bubuk jadi rice chocolate pudding, tetep enaaaakkk :D

      Delete