Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Tuesday, December 10, 2013

Cumi Goreng Tepung

Saya agak jarang mengolah makanan laut di rumah. Bukannya nggak suka, cuma malas. Apalagi kalau urusan bersih-bersih bahan makanannya sebelum masak. Padahal, masak makanan laut nggak lama-lama amat. Proses memasaknya lumayan cepat, mengingat kalau kelamaan dimasak tekstur makanan laut lebih cepat berubah dan jadi kurang enak.

Beberapa minggu lalu, saya iseng membeli cumi di pasar. Dalam bayangan saya, beli cumi ya dimasak cumi goreng tepung. Pasti suami suka deh! Ini kali kedua saya bikin cumi goreng tepung di rumah. Sejak Rasya makan makanan yang sama dengan kami, saya jarang banget nyetok tepung bumbu jadi buatan pabrik di rumah. Semua masakan bergoreng tepung, tepungnya saya buat sendiri. Bisa renyah krenyes krenyes? Bisa!

Saya minta tolong cumi dibersihkan oleh bude penjual sayur. Beda kalau kita beli cumi di supermarket yang sudah dalam keadaan bersih tanpa tinta sama sekali, cumi di pasar masih lengkap seluruh organ tubuhnya :p Awalnya, saya kira cumi itu sudah dibersihkan semua sampai ke dalam-dalamnya. Eh ternyata tentakel si cumi cuma ditarik saja, dipisahkan dari badan cuminya. Pas saya bersihkan lagi di rumah, kantong tinta cumi masih ada, belum terpisah dari tentakelnya. 

Nah, saya sempat mengintip di sini untuk urusan bersih-bersih cumi. Berhubung saya nggak pakai tinta cuminya, jadi kantung tinta itu saya pisahkan/potong dari tentakelnya dan dibuang. Lalu masukkan jari ke badan cumi, untuk memastikan tidak ada lagi bagian tubuh cumi yang tertinggal di dalamnya. Kuliti juga cumi, supaya kulit tipis di badannya terambil. Cumi siap diolah!


Cumi Goreng Tepung
Bahan:
3 - 4 ekor cumi ukuran sedang, bersihkan, potong cincin 1 cm
Susu cair secukupnya 
1/2 buah jeruk nipis
Minyak untuk menggoreng
1 butir telur, kocok lepas

Adonan tepung
150 gr tepung terigu (kira-kira saja, sesuai porsi cumi yang mau dibuat)
50 gr tepung maizena
Garam, lada putih, pala bubuk
1/4 sdt soda kue

Cara membuat:
  1. Taruh potongan cumi yang telah dibersihkan dalam wadah, beri perasan jeruk nipis, diamkan sekitar 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir, lalu kembalikan lagi ke wadah dan tuang susu cair hingga cumi terendam. Fungsi susu cair adalah mengempukkan cumi, sekaligus menghilangkan bau amisnya. Rendam cumi dalam susu cair sekitar 15 menit.
  2. Campur seluruh bahan adonan tepung menjadi satu, aduk rata.
  3. Panaskan minyak. Tiriskan cumi dari rendaman susu, celupkan ke kocokan telur, lalu ke adonan tepung. Ratakan dan remas-remas hingga cumi tertutup adonan. Kemudian goreng dalam minyak panas hingga warnanya coklat keemasan. Angkat, tiriskan.
  4. Sajikan hangat dengan saus sambal botolan atau sambal terasi bikinan sendiri. Enak! :D
Catatan:
  • Jangan terlalu lama menggoreng cumi supaya cumi tidak alot. Pastikan minyaknya panas benar sebelum cumi dimasukkan.


No comments:

Post a Comment