Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Monday, August 15, 2011

Lagu lawas selalu di hati!


Saya pernah cerita kan, aslinya saya ini penggemar lagu-lagu lawas. Lagu-lagu yang bahkan dirilis sebelum saya lahir. Lagu-lagu lawas versi saya adalah lagu-lagu yang terkenal era 1970-an sampai dengan 1980-an. Sementara saya besar dengan lagu-lagu era 1990-an hingga 2000-an. 
Di rumah orang tua saya, ada begitu banyak koleksi kaset dan CD yang tertata cukup rapi. Meskipun sekarang keberadaannya kadang gelap, alias sampulnya ada, tapi CD entah nyasar di mana. Kedua orang tua saya sangat menggemari musik. 

Mama adalah pecinta musik klasik dan lagu-lagu pop yang pasti kondang pada zamannya. Papa adalah pecinta musik jazz, pop, dan slow rock, yang tentu saja masuk lagu-lagu populer pada zaman Papa muda. Papa dan Mama fasih banget berbicara soal Panbers, Koes Plus, dan grup musik Indonesia lainnya, begitu juga tentang penyanyi dan grup luar negeri. Koleksi CD Papa kebanyakan beraliran jazz, mulai dari Spyrogyra, Dave Koz, Incognito, Jake Concepion, Fourplay hingga Jeffrey Lorber. Sementara koleksi Mama lebih berkisar pada musik klasik. Ketika kaset masih populer, saya juga menemukan kaset New Kids On The Block. 

Saya juga rajin mengoleksi CD. Ehm, sejak kecil juga sudah beli CD, yaitu CD kumpulan lagu anak-anak terbitan Walt Disney. Saya juga terkena demam film Lion King, dan membeli CD soundtrack-nya. Beranjak remaja, CD pertama saya adalah Jordan Hill, penyanyi wanita yang diorbitkan David Foster. Lalu saya mulai beralih pada Boyzone dan Backstreet Boys, plus Westlife. Selera umum para ABG 13 tahun lalu. Untuk penyanyi Indonesia, saya mengoleksi CD Kahitna dan Rio Febrian. Sementara adik laki-laki saya yang kini tengah menyelesaikan skripsi, juga ketularan mengoleksi CD. Sampai detik ini, dia masih rajin menyisihkan uang jajan setiap bulan untuk beli CD. Oya, koleksi bersama kami adalah Backstreet Boys. Hampir semua album BSB kami punya CD-nya. Cuma kurang CD Millenium saja, karena kami hanya punya kasetnya.

Nah, kebiasaan kami sekeluarga setiap bulan adalah main ke toko musik, misalnya Disc Tarra, Aquarius, atau Tarra Megastore. Berapa lama kami di sana? Berjam-jam! Selalu berakhir dengan bungkusan hasil buruan kami. Toko Disc Tarra di bilangan Blok M (samping Wisma Nasional kalau tidak salah, sebelum akhirnya pindah karena kebakaran) rajin kami sambangi sejak lama. Peralihan dari kaset dan CD rasanya juga kami alami di situ. Pilihan kami lainnya adalah Aquarius Mahakam, koleksinya super lengkap! Dulu saat ada Tarra Megastore di Pondok Indah (sebelah Toy's R Us, kini Domino Pizza), semakin rajinlah kami main ke sana. Apalagi di Tarra setiap genre musik dibedakan lokasinya, sehingga memudahkan kami memilih. 

Dengan begitu kentalnya minat kami sekeluarga pada musik, saya pun juga terpengaruh oleh selera musik Papa. Bisa dibilang, selera kami agak mirip. Oke, kecuali saat saya senang Super Junior, otomatis tidak ada satu orang pun di rumah yang ikut suka, apalagi adik-adik saya. Namun, minat saya pada musik jazz dan lagu-lagu zaman baheula tidak pernah luntur. Ada masa ketika saya sangat rajin mencari tahu lagu-lagu lawas, bahkan sampai bongkar-bongkar CD koleksi Papa. Teknologi internet kini pun memungkinkan saya untuk mencari dan mengunduh lagu-lagu itu. Boleh jadi karena Papa sering memutar lagu-lagu lawas, terutama saat perjalanan di mobil, ingatan saya merekamnya. Maka ketika saya mendengarkan lagu yang sama, saya langsung tahu, saya pernah dengar lagu itu. 

Kini, memasuki usia kehamilan bulan ke-4, saya mengumpulkan kembali lagu-lagu lawas dalam iPod Si Hejo saya. Jika setahun belakangan saya lebih suka mendengarkan Super Junior, maka sekarang saya kembali ke selera asal. Lagu-lagu jazz atau pop zaman Papa muda dulu mendominasi playlist saya hari ini. Bagaimanapun juga, lagu-lagu itu everlasting, selalu enak didengar setiap saat, bahkan diulang berkali-kali! 

iPod Nano 2nd gen Si Hejo andalan saya

Berikut beberapa lagu favorit saya yang wajib ada dalam playlist lagu-lagu lawas versi saya.

  1. You Are The Universe - Brand New Heavies
  2. Through The Years - Kenny Rogers
  3. Reasons - Earth Wind and Fire
  4. Overjoyed - Stevie Wonder
  5. Just Once - James Ingram
  6. You Make Me Feel Brand New - Simply Red
  7. We Could Be In Love - Lea Salonga & Brad Kane
  8. Fixing A Broken Heart - Indecent Obsession & Mari Hamada
  9. All I Am - Heatwave
  10. After The Love Has Gone - Earth Wind and Fire
  11. Fragile - Sting
  12. Glory of Love - Peter Cetera
  13. She's Believe In Me - Kenny Rogers
  14. This Must Be Love - David Foster
  15. Raindrops Keep Falling In My Head


2 comments:

  1. Lagu Super Junior K.R.Y aja, Bu selow~ :D

    ReplyDelete
  2. aku suka lagu peter cetera sama stingnya kak :)

    ReplyDelete