Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Thursday, May 17, 2012

Catatan Rasya(5): Lil' super aktif!

18 Mei 2012, Rasya persis empat bulan! Yeay! 
Lil' boy semakin aktif dan ramai! Setiap hari rumah selalu heboh dengan celotehan dan teriakan nyaring Rasya. Aktivitas kami bila hari libur pun berfokus pada Rasya: mengajak Rasya jalan pagi, mandi, bermain, sampai tidur bareng. Rasya juga mulai mengerti jika kami sibuk atau meninggalkannya sejenak, ia akan menangis minta diperhatikan. 

Setiap saya pulang kerja, Rasya juga paham. Mendengar suara saya, ia akan tersenyum senang. Rasya akan menangis jika memang ia tidak nyaman, mengantuk, dicuekin, atau lapar. Selebihnya, ia senang sekali tersenyum dan bermain. Energinya banyak! Kadang saya sampai kewalahan, hehehe. Padahal, ia baru empat bulan ya, pasti semakin besar semakin aktif!

Soal pola tidur, sudah sejak usia tiga bulan, Rasya tidur malam lebih teratur. Ia bisa tidur untuk waktu lama, kira-kira 5-6 jam, lalu terbangun sekitar pukul 2 pagi untuk mimik dan tidur lagi sampai subuh. Relatif mudah bagi saya juga untuk mengisi ulang energi selama Rasya tidur. Pun soal jumlah ASIP yang ia minum. Jika saya tinggal kerja setengah hari, ia bisa menghabiskan 2-3 botol ASIP rata-rata 90 ml/botol. Bahkan, jika sedang lapar, 90 ml itu pun bisa kurang! Alhamdulillah, ASI saya masih lancar, sehingga Rasya benar-benar hanya full ASI sampai enam bulan nanti.

Perkembangan fisiknya juga pesat. Begitu pun kemampuan motorik kasar dan halusnya. Ia kini hobi menggenggam segala benda yang diberikan padanya. Rambut saya saja ditarik kencang. Pernah sekali ia menarik kacamata saya saat digendong. Ia juga sedang senang-senangnya mengangkat kaki dan menjepit benda dengan kedua kakinya, seperti guling atau jerapah kesayangannya. Plus, tendangan kakinya itu mantap!!! Setiap mandi, Rasya heboh menendang-nendang bak mandi. Giliran kami yang deg-degan takut ia terantuk. Untuk tengkurap, sebetulnya sih Rasya sudah bisa balik sendiri dari posisi tengkurap ke telentang. Namun, dari posisi telentang ke tengkurap masih harus dibantu dimiringkan tubuhnya. Itu pun kadang ia malas kembali ke posisi telentang, dan lebih sering minta tolong dibalikkan (_ _)" Akan tetapi, mengesot alias merayap adalah keahlian Rasya saat tengkurap. Bisa lho ia berpindah tempat atau berputar 90 derajat dari posisi semula saat tengkurap!

Sejak tiga bulan pula, leher Rasya sudah kuat menopang kepalanya. Ia suka bergaya enggan bersandar saat dipangku atau digendong dalam posisi setengah duduk. Pasti ia mengangkat kepalanya, bahkan kadang seperti ingin bangun! Duduk adalah posisi favoritnya saat ini. Tentu saja tetap disangga, tidak dilepas begitu saja karena posisi duduknya belum bisa tegak. Namun,  ia senang sekali digendong posisi duduk. Rasya yang rewel pun langsung tenang jika dipangku demikian :D

Empat foto di kiri atas: Rasya dan mainannya
Empat foto di kiri bawah: Rasya's tummy time!
Foto kanan atas: sit like a boss!
Foto kiri bawah: jerapah bersahabat
Dua bulan lagi, Rasya Insya Allah akan lulus ASI eksklusif dan mulai makan. Saya sangat senang menanti hari itu! Semoga Rasya tumbuh sehat dan kuat! Sesuai namanya, Rasya memang super aktif!!


No comments:

Post a Comment