Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Tuesday, November 20, 2012

Breakfast time!

Saya paling suka sarapan karena ada begitu banyak variasi makanan yang bisa kita santap. Mulai dari ala Indonesia sampai ala Barat. Dari yang super mengenyangkan sampai yang cukup mengenyangkan alias camilan. Nasi, mie instan, roti, oatmeal, pancake, makaroni, semuanya suka! Untunglah saya dan suami termasuk gampang urusan makan pagi, sarapan apa saja oke. Inilah yang ingin saya perkenalkan ke Rasya, bahwa sarapan itu bisa beragam jenisnya, nggak melulu nasi.

Maka, saya memulainya dengan menghidangkan dua sarapan cemilan favorit kami pada Rasya, yaitu french toast alias roti goreng dan pancake. Saat sarapan ini, Rasya makan sendiri. Alhamdulillah dia suka dan makan dengan asyik. Jadi, ketika saya membuat roti goreng dan pancake, kami bisa makan bersama sekarang! :D


Pancake Pisang Hijau (resep dari Buvino-Female Daily)
Bahan:
2 buah pisang ambon matang, hancurkan
2 - 3 sdm tepung gasol kacang hijau (bisa diganti tepung beras merah atau tepung terigu)
1 butir kuning telur
1 cangkir susu UHT plain (kira-kira sampai adonan kental, tidak terlalu encer)
1 sdm unsalted butter, lelehkan sebentar

Cara membuat:
  1. Campur seluruh bahan hingga menjadi adonan kental. 
  2. Panaskan teflon, beri sedikit butter. Tuang satu sendok sayur (atau sesuai selera) ke dalam teflon, panggang hingga salah satu sisi berwarna coklat, balik dan tunggu hingga kecoklatan. 
  3. Angkat, sajikan hangat.

Roti goreng ala Mama Bhuy 
Bahan:
5 lembar roti tawar gandum, belah menjadi 2 bentuk segitiga
2 butir telur
1 cangkir susu UHT
1 sdm mentega
bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur, tambahkan susu dan bubuk kayu manis.
  2. Panaskan teflon, lelehkan mentega. Celupkan potongan roti ke dalam kocokan telur hingga roti agak lembek dan masak di teflon hingga salah satu sisi kecoklatan, dan lakukan sebaliknya. Teruskan hingga seluruh roti matang.
  3. Sajikan hangat. Versi suami sih dengan segala sesuatu yang gurih, seperti omelete, sosis, dicocol mayonaise plus sambal. Kalau saya termasuk sweet tooth, jadi lebih suka diberi olesan selai atau madu, ditambah dengan bubuk kayu manis. Nah, untuk Rasya, cukup diberi tambahan bubuk kayu manis :)

No comments:

Post a Comment