Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Monday, May 19, 2014

Berkah :)

Momen yang ditunggu akhirnya tiba juga!
Saya butuh waktu dua tahun empat bulan untuk menantikan kata itu meluncur dari mulut Rasya.

Minggu lalu, Rasya memanggil saya 'Mama!' Iya, 'mama', komplit, nggak cuma 'Ma!' Pagi-pagi setelah bangun tidur, Rasya tiba-tiba memanggil saya untuk minta makanan, saat saya sedang bersiap berangkat kerja. Begitu mendengarnya menyebut 'Mama', saya langsung loncat kegirangan dalam hati. Senyum terus mengembang di bibir saya sepanjang hari. Ditambah rasa haru yang bikin hampir mewek sambil cium-cium Rasya terus.

Tapi ya namanya juga Rasya. Pas saya uji minta ia panggil saya dalam situasi biasa, ia nggak mau. Namun, kalau ia sedang minta sesuatu atau memaksa saya melakukan sesuatu, baru deh kata 'Mama' keluar *tepok jidat* 

Sejak saat itu, saya perhatikan ia sering sekali ngoceh saat bermain, melafalkan banyak hal. Koleksi huruf konsonan-nya pun makin banyak diucapkan. Begitu pula ketika ia menonton video Pocoyo, tiba-tiba saja ia menirukan kata yang diucapkan Pocoyo. 'Treasure?' dilafalkan begini, 'te-sour' :)


Saya terkesiap sejenak. Sekali lagi memastikan Rasya meniru kata tadi, dan ia mengulangnya dengan baik! Alhamdulillah!!! Jadi, ini saatnya untuk menambah lebih banyak koleksi video bahasa Indonesia di HP, bukan cuma Hi-5 atau Pocoyo!

Padahal, kami belum pergi ke dokter anak. Masih maju-mundur. Apalagi setelah Rasya mengalami kemajuan berarti. Saya terpikir untuk terus mendorong ia bicara dengan yakin setiap hari. Biasanya, setiap malam menjelang tidur, saya selalu bilang pada Rasya, 'Besok ngomong lebih banyak lagi ya. Rasya bisa ngomong kok, dikeluarkan (diucapkan) aja yang Rasya tahu,' sambil mendekapnya dan endus bau kecutnya :*

Misi masih berjalan. PR kami masih dua, membuat Rasya bicara lebih banyak dan melatih potty training. Semoga jika PR pertama mulai menampakkan hasil, PR berikutnya mengikuti. 

Oya, berkah lain juga mendatangi keluarga kecil kami. Rencana besar kami Alhamdulillah mulai menuju arah yang positif. Satu yang pasti, rencana tersebut memang rencana terbaik yang kami punya saat ini. Kami berharap rencana itu kelak bisa memberikan pengalaman luar biasa pula bagi Rasya. 

Amin.

2 comments:

  1. tiap anak emang beda2 perkembangannya ya...
    dulu si andrew juga sampe 2 th belum terlalu ngomong... tapi ntar lama2 pasti bisa sendiri dan akhirnya malah gak bisa brenti ngomongnya. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya bener banget ko! ini aja udah mulai ceriwis, tiap main pasti sambil ngoceh yang kita gak ngerti. sekarang sih rasanya gak sabaran nunggu anak ngomong lebih banyak. tapi giliran dia banyak ngomong dan banyak nanya, mamanya bingung jawab apa

      Delete