Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Tuesday, May 20, 2014

Chicken Bulgogi

Terinspirasi dari resep Dak Bulgogi (Korean BBQ Chicken) Slow Cooker di web The Urban Mama, saya coba memasaknya di rumah. Namun, saya tidak pakai slow cooker. Sebetulnya sih enak pakai SC, pasti bumbunya lebih meresap, tapi penasaran juga kalau masak biasa dengan bumbunya yang sama hasilnya seperti apa.

Bumbu yang saya pakai sama persis dengan yang ada di resep, dengan beberapa tambahan kecil. Cara memasaknya sudah pasti berbeda karena saya pakai kompor dan wajan biasa. Rasanya tetap enak! Suami saya doyan banget, Rasya juga!

Chicken Bulgogi

Bahan:
300 gram daging ayam (bagian dada), iris memanjang
3 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
1 sdm madu
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm gula aren
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, iris halus
1 sdt jahe parut
1 sdt wijen sangrai
1/4 sdt lada hitam
Garam dan gula secukupnya
Minyak untuk menumis
Air secukupnya
Wijen secukupnya untuk taburan

Cara membuat:
  1. Panaskan wajan, beri minyak secukupnya. Setelah minyak panas, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, masak sebentar sampai berubah warna.
  2. Tambahkan kecap manis, minyak wijen, dan madu, aduk rata. Lalu masukkan air secukupnya hingga ayam terendam. Baru tambahkan bumbu lain: gula aren, garam, lada hitam, gula, dan wijen yang sudah disangrai. Masak hingga air mengental dan bumbu terserap oleh ayam. Jika dirasa kurang mantap, boleh ditambahkan air lagi dan masak hingga air mengental serta ayam berubah warna menjadi coklat. 
  3. Panaskan wajan datar, panggang ayam, beri sedikit bumbu tadi atau kecap manis, masak hingga terkaramelisasi (ayam jadi mengkilap dan juicy, nggak tampak kering). Lakukan hingga seluruh ayam terpanggang baik.
  4. Letakkan dalam mangkuk saji, taburi dengan wijen, sajikan hangat.

3 comments:

  1. cobain bikin, ah. Thx buat resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan, semoga Keke & Nai doyan yaa :)

      Delete
  2. Looks good Dita.. aku mah, bisanya masak yang bisa dikira-kira aja.. haha :D
    Btw, aku menominasikan dirimu untuk Liebster Award ya.. apa itu Liebster Award dan aturan mainnya seperti apa bisa liat disini: http://www.lemonjuicestory.com/2014/05/the-origin-of-liebster-blog-award.html
    Kalo tidak sibuk, strongly recommended untuk meneruskan ke 11 blogger lainnya ya..
    Makasih.. salam buat Rasya :*

    ReplyDelete