Wedang Jahe, anyone?


Hujan kemarin sore menginspirasi saya untuk membuat wedang jahe. Apalagi setelah sibuk bongkar-bongkar resep dari tabloid NOVA. Wedang jahe menjadi penutup obsesi saya terhadap dapur kemarin malam.

Resep wedang jahe yang ada di NOVA lebih variatif. Saya hanya mengambil resep dasar wedang jahe-nya saja. Jadi, benar-benar cuma dua jahe ukuran besar, satu batang kayu manis, gula jawa dicacah kasar,dan gula pasir secukupnya. 

Cara membuatnya sederhana dan mudah kok!
  1. Cuci bersih jahe, lalu memarkan. 
  2. Bakar jahe sampai aroma jahe lebih tajam dan pedas.
  3. Rebus air bersama jahe, kayu manis, gula jawa, dan gula pasir sampai gula larut dalam air. 
  4. Hidangkan saat masih panas. 
Saya membuatnya menjadi tiga cangkir. Satu untuk saya, satu untuk ibu saya, dan satu untuk eyang putri saya.
Ibu saya sih lebih suka aroma dan rasa jahe yang lebih pedas, jadi menurutnya lumayanlah wedang bikinan saya. Namun, eyang saya bilang enak dan pas! 
Kalau saya sih suka sekali! Hangat, tetapi tidak terlalu pedas :)

Minggu depan mau bikin lagi, tetapi kali ini untuk suami ;D

Silakan dicoba di rumah!

No comments:

Powered by Blogger.