Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Sunday, April 17, 2011

Superb Weekend!!!!

Hola!
Akhir pekan ini cukup menyenangkan bagi saya, setelah aktivitas luar biasa padat pada awal minggu menjelang UAN SMP dua pekan mendatang. Saya sangat menanti akhir pekan ini! Kegiatan beres-beres rumah dan memasak adalah pelarian saya minggu ini. Saya dan suami bahu membahu membereskan rumah. Makan enak adalah ganjaran paling tepat setelah bermandi keringat saat beres-beres. Penasaran dengan apa yang saya masak? :)

Pancake with homemade apple jam

Pancake with homemade apple jam

Bahan Pancake:
1 bungkus adonan pancake Pondan
1 butir telur
100 cc susu cair
150 cc air
1/8 sdt vanili bubuk
Mentega

Bahan Selai Apel:
3 buah apel royal gala, kupas dan potong kotak-kotak
100 gr gula pasir
2 buah jeruk nipis ukuran sedang
5 cm batang kayu manis
1/8 sdt garam

Cara membuat:
  1. Selai apel : kupas dan potong kotak-kotak apel. Lalu belah 1 buah jeruk nipis, dan peras di atas apel, aduk merata. Perasan jeruk nipis ini akan membuat warna apel tetap kuning muda, tidak berubah menjadi kecoklatan. Masukkan apel ke dalam blender, hancurkan, tetapi tidak terlalu halus, sehingga masih ada potongan kecil apelnya. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan apel ke dalam wajan. Masak dengan api kecil sampai air meresap. Setelah air meresap, baru tambahkan gula pasir, kayu manis, garam, dan air perasan 1 buah jeruk nipis. Masak hingga mengental dan matang. Angkat dan dinginkan. Setelah uap panasnya hilang, simpan dalam wadah tertutup dalam lemari es.
  2. Pancake : tuang adonan pancake siap pakai dalam wadah. Tambahkan susu cair, air, telur, dan vanili bubuk. Aduk dengan kocokan telur hingga merata dan adonan mengental. Panaskan wajan anti lengket, olesi dengan sedikit mentega. Tuang adonan pancake sebanyak satu sendok sayur dalam wajan. Setelah muncul gelembung di permukaan adonan pancake, balik dan masak hingga pancake berwarna coklat keemasan.  Satu adonan pancake bisa menghasilkan 12 - 15 pancake.
  3. Penyajian : Taruh satu buah pancake, olesi dengan selai apel. Tutup dengan satu buah pancake, oleskan lagi selai apel. Bisa juga disajikan dengan sirup maple sesuai selera. 

Chicken Teriyaki
Chicken Teriyaki

Bahan :
2 buah dada ayam tanpa tulang, potong kotak-kotak
1/2 buah bawang bombay
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah ukuran kecil
1 sachet saos teriyaki Saori
1 sdm saos tiram
2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt pala bubuk
2 sdt gula pasir
Minyak untuk menumis
Air secukupnya

Cara membuat :
  1. Panaskan wajan dan minyak goreng. Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah. Tumis hingga harum. Masukkan potongan ayam dan air secukupnya. Masak sampai ayam berubah warna/setengah matang.
  2. Tambahkan saos teriyaki, saos tiram, merica bubuk, garam, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk semuanya sampai rata. Masak hingga ayam matang dan bumbu tercampur rata. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.
Senangnya!!! Dua-duanya enak banget!!! Suami saja sampai ketagihan! Inilah enaknya masak! :DD
Selamat mencoba! :)

No comments:

Post a Comment