Waiting for A Miracle(7): Mari Membaca!

Sudah tahu 'kan bahwa saya adalah penyuka buku, book lovers. Apapun yang ingin saya ketahui, maka saya akan kembali pada sebuah benda bernama buku. Bolehlah kini zaman internet, tinggal googling, setiap pertanyaan akan langsung terjawab. Namun, bagi saya, tidak ada yang mengalahkan kenikmatan membaca buku. Punya e-book reader sekalipun tetap tidak akan menggantikan kemewahan memegang buku, membaca setiap halamannya, dan bisa dibaca kapan saja, di mana saja.

Kepada buku-buku pula saya kembali mencari tahu, apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk melahirkan nanti. Mulai dari perlengkapan bayi yang harus dibeli, sampai bagaimana cara menyusui yang baik dan benar. Sekalipun saya sudah menandai alias memberikan bookmark pada beberapa artikel yang saya temukan saat browsing, saya tetap akan berpaling pada buku untuk mendalami segala sesuatu lebih jauh. 

Seperti saya ceritakan pada post sebelumnya, pengalaman mengurus seorang bayi bukan sesuatu yang asing bagi saya. Ini bukan yang pertama saya berinteraksi penuh dengan bayi, tetapi ini adalah pertama kalinya saya akan mengurus seorang bayi dimulai dari NOL. Maka pengalaman mengurus Gilang pun pasti tidak ada apa-apanya dengan mengurus si baby nanti! It will be a long and an amazing journey for me and my husband! 

Nah, daripada saya hanya mengandalkan bantuan Mama atau Ami (ibu mertua saya) saat mengasuh baby, lebih baik saya mempersiapkan diri sejak awal. Ini anak saya lho. Maka saya dan suami pasti akan punya gaya mengasuh tersendiri. This is our own style of parenting! :D

Mulailah saya mengumpulkan berbagai macam buku panduan merawat dan mengasuh bayi. Ada yang saya beli online lewat Buka Buku, atau hasil menitip pada Mama dan dikirim ke Bontang. Bagian paling menyenangkan dari menitip beli buku lewat Mama adalah .... Mama membelikan lebih dari satu buku! Saya pun girang luar biasa saat membuka paket kiriman tersebut karena mendapat empat buku sekaligus! 

Jadi, buku apa saja yang sedang saya baca sekarang?

Saya punya buku ini sejak kehamilan pertama. Bacaan wajib untuk bumil! 
Bagian paling saya sukai adalah penjelasan tentang perubahan
fisik yang dialami pasca melahirkan normal & caesar. Beli di BukaBuku
Ini bukan buku, tapi kumpulan makalah yang dipresentasikan
dalam Peringatan Pekan ASI Sedunia IDAI di Jakarta, 19 Agustus 2010.
Saya mendapatkan ini dari Emak Ratih Ibrahim sebelum menikah
dan masih saya simpan sampai sekarang :)
Favorit saya: Ensiklopedia Perkembangan Bayi! Lengkap banget,
hingga perkembangan anak 2 tahun. Berasa baca buku psikologi perkembangan :D
Btw, ini kiriman dari Mama ;)
Kiriman dari Mama juga. Sama lengkapnya dengan dua buku sebelumnya,
dengan tambahan beberapa kebiasaan yang lazim dilakukan oleh
keluarga Muslim saat menyambut kelahiran bayi :)

Hayooo....pasti ada yang bertanya, yakin nih akan melahap semua bacaan itu? 
Saya sih nggak berani menjamin semuanya akan saya hapal luar kepala. Lagipula, buku-buku panduan semacam ini bukanlah tipe buku yang harus habis dibaca sampai tuntas seperti novel (karena penasaran bagaimana ending-nya!). Buku-buku seperti ini lebih enak dibaca pada bagian-bagian tertentu yang memang ingin kita ketahui. Ibarat text book zaman kuliah dulu, tinggal buka bab atau bagian mana yang ingin dicari tahu. Buku-buku ini pas untuk teman bersantai sambil menikmati tendangan si baby yang semakin heboh! :)

Pasti ada juga yang berkomentar, ahhhh itu kan cuma teori aja. Prakteknya pasti beda 'kan?
Iya, betul sekali. Namanya juga sedia payung sebelum hujan. Daripada buta sama sekali, hanya bisa membayangkan segala sesuatu yang masih samar, lebih baik membaca untuk tahu lebih dalam lagi. Minimal teorinya sudah paham dan terbayang, tinggal dipraktekan dan dirasakan saat si baby lahir. 

Lucunya, si baby ini selalu menendang-nendang perut saya setiap kali saya membaca buku-buku ini. Saya pun bercerita padanya, bahwa saya sedang belajar dan bersiap-siap menyambut kelahirannya :) Oya, si baby juga bereaksi terhadap cerita-cerita yang saya bacakan dari Buncil (sisipan untuk anak pada majalah Ayah Bunda). Saya terpikir, bulan depan saya mau membeli buku cerita anak-anak juga, supaya ia juga terbiasa didongeng dan membaca sejak dini, bahkan sejak ia dalam perut saya! 

Yuk, mari membaca! 

No comments:

Powered by Blogger.