Spaghetti Zucchini Schotel

1:00 PM


Lazimnya schotel itu dipanggang. Seumur-umur saya bikin macaroni schotel selalu dipanggang. Nah, kali ini gara-gara belum punya oven, maka saya mengukus schotel. Schotel ini saya buat dari spaghetti sisa yang rasnya bosan kalau harus dibuat spaghetti bologneise. Lalu ada zucchini, jadi kepingin buat schotel!

Ilmu membuat schotel turun temurun dari Ibu lalu ke Mama, dan lanjut ke saya. Resepnya sih sederhana. Gampang dipraktekkan dan pasti enak mantap!

Bahan:
250 g spaghetti, rebus hingga al dente
2 butir telur
daging ayam/sapi giling
susu cair
1/2 buah bawang bombay, iris kasar
1 buah zucchini, potong melintang tipis-tipis
garam
merica
bubuk pala
kecap maggi
keju cheddar
mentega
sedikit air

Cara membuat:

  1. Lelehkan mentega di wajan, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging giling, beri sedikit air, aduk hingga berubah warna dan matang. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  2. Tempatkan spaghetti matang di wadah tahan panas, campurkan tumisan daging dan aduk rata. Masukkan telur, susu cair (dikira-kira aja), bubuk pala, kecap maggi, dan sebagian irisan zucchini. Setelah rata, tambahkan parutan keju, aduk hingga seluruh adonan tercampur baik. 
  3. Untuk sentuhan akhir, ratakan permukaan adonan. Susun irisan zucchini dan tutup dengan parutan keju.
  4. Siapkan panci kukus. Setelah air mendidih, masukkan schotel dan kukus selama 25-30 menit (hingga bagian tengah tidak terlalu basah. Karena dikukus, agak sulit untuk sampai kering benar). 
  5. Setelah matang, angkat, diamkan sebentar, baru sajikan dengan saus sambal.
Yummy!
Schotel bikinan pabrik lewat deh! :9

2 comments:

  1. Anonymous3:02 AM

    ga pernah bisa bikin schotel. pasti gagal :( alhasil beli ke tempat langganan ahahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuncinya sih di telor ya. kadang gue juga suka takut kebanyakan atau kesedikitan telor :p tapi alhamdulillah zaman gagal bikin schotel udah lewat, hehehe

      coba lagi donk! :D

      Delete

Powered by Blogger.