Tim Roti Amuntel :9

3:25 PM
Berhubung Rasya sudah 9 bulan, semakin banyak variasi makanan yang bisa saya kenalkan padanya. Bisa semakin seru bereksperimen juga deh! Sekali lagi, saya sangat suka dengan cara Rasya makan. Semua mau, semua dimakan lahap, semua tandas! Benar-benar anak Ayah dan Mama, ketahuan sama-sama doyan makan :D

Nah, minggu ini saya memperkenalkan roti tawar gandum ke Rasya. Variasi jenis karbohidrat juga, supaya Rasya nggak bosan makan nasi-kentang-jagung-oatmeal melulu. Tes hari pertama, saya iseng memberikan potongan roti pada Rasya. Eh doyan! Giliran saya mau ambil lantaran Rasya agak seret, nggak boleh dong sama Rasya. Rotinya tetap dikekepin, hehehe.

Hari kedua, saya buatkan tim roti spesial untuk Rasya. Resepnya saya ambil dari 112 Resep Makanan Tim Bayi karya Tuti Soenardi, dimodifikasi sesuai sayuran yang ada di rumah. 

Namanya Tim Roti Amuntel (AyaM-bUNcis-worTEL) *maksa dikit boleh yaaaaaaa*

Bahan:
2 lembar roti tawar gandum, potong pinggirannya dan iris dadu atau dicabik-cabik
40 gram daging ayam cincang
1/2 buah wortel, serut kasar
2 buah buncis, iris tipis
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
100 ml susu 
1 butir kuning telur 
5 gram keju (pakai bellcubes)
1 sdt unsalted butter 
Sedikit air

Cara membuat:

  1. Panaskan butter, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan ayam cincang, tambahkan sedikit air. Masak hingga ayam sedikit matang. Tambahkan wortel serut dan irisan buncis, masak sampai matang dan kuah menyusut. Angkat.
  2. Campurkan susu dan kuning telur, kocok ringan. Masukkan tumisan isi dan campur merata. 
  3. Susun sebagian potongan roti tawar di dasar wadah tahan panas (saya pakai yang stainless steel). Tuangkan campuran susu dan isi. Tutup dengan potongan roti tawar lagi di atasnya. Beri parutan keju.
  4. Kukus selama 25 menit hingga matang.
  5. Hidangkan hangat. 
Kalau Rasya, satu mangkok stainless steel bisa untuk tiga kali makan. Ambil secukupnya (2-3 sendok makan), sisanya bisa disimpan di lemari es.  Oiya, pas mengukus, tutup pancinya dikasih serbet kain ya, supaya uapnya tidak langsung kena tim roti :) 


Hasilnya? Doyan banget! Teksturnya lembut dan mirip schotel, jadi Rasya makan dengan cepat dan lahap. Asyik!!!!

Minggu depan mau coba makaroni ah!


2 comments:

  1. Anonymous5:05 PM

    ya ampun penampakannya enak banget :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipraktekin gih! tinggal tambah gula garam merica pala aja biar lebih mak nyus! :)

      Delete

Powered by Blogger.