MPASI 11 bulan Versi Rasya

Akhirnya!
Rasya hampir tiba di ujung masa MPASI! Setelah ini post tentang MPASI tidak akan dibuat review per bulan lagi, tetapi tergantung resep masakannya. Pada usia 12 bulan nanti saya juga berencana mengenalkan susu UHT, selain tetap memberikan ASI. Kalau bisa sih ASI sampai 2 tahun. Namun, saya harus tahan beradu dengan gigi Rasya :p Makanya, saya perlu mengenalkan susu UHT tadi :)

Nah, selama MPASI 11 bulan, saya tidak banyak memperkenalkan makanan baru. Beberapa jenis makanan   masih saya tunda hingga 12 bulan, seperti udang, ikan mas, dan yoghurt. Di bulan ini, Rasya sudah makan terpisah antara lauk dan nasi. Hanya saja saat disuapi, nasi disajikan dalam dua versi. Versi saya, nasi ya tetap nasi utuh (nasi hangat yang baru keluar dari rice cooker, teksturnya lembek). Versi bude pengasuh Rasya, nasi hangat itu dilumatkan alias dibejek-bejek bersama lauknya hingga mirip nasi tim. Bagaimana reaksi Rasya? Doyan aja tuh. Alasan pengasuh, kasihan kalau makan nasi beneran. Padahal, anaknya ya hayukk aja makan nasi. Jika saya yang menyuapi, makan nasi membuat Rasya cepat mengunyah dan lebih lahap, sehingga fase ngemut makanan bisa dikurangi. 

Jenis lauk yang sudah saya berikan ke Rasya kadang beda tipis dengan lauk yang saya makan, kecuali bumbunya. Lauk untuk Rasya tetap minim gula dan garam. Jika bisa diganti keju, ya diganti keju untuk rasa gurih. Kalau tak cocok, sejumput garam bisa memberikan rasa. Sejauh ini, Rasya paling sering saya buatkan sop (ya sop ayam, sop daging), semur daging+tahu, tumis tempe kacang panjang, tumis ayam labu siam, tim ikan, ati ayam kecap, kentang saus keju, kentang saus bolognaise, pasta saus keju, sayur bayam, dan bihun kuah ayam.

Paling baru ya bihun, kebetulan saya menggunakan bihun jagung. Rasya suka dong, apalagi jika ada bihun yang belum masuk, ia langsung sigap mengambil dan melahapnya. Oya, untuk camilan, saya juga mencoba memberdayakan lagi labu kuning dikukus. Sempat khawatir ia nggak suka, ternyata habis tuh. 

Alhamdulillah, selama 6 bulan MPASI, Rasya sangaaaaaattt gampang makan. Doa saya pun masih sama seperti sebelumnya, semoga Rasya terus suka makan. Apalagi saking gesitnya, badan Rasya termasuk kecil tapi keras. Jadi, apa yang ia makan selalu langsung terpakai energinya. 

Saya agak cemas dengan berat badannya yang masih berkisar di angka 8 - 9 kg. Tinggi badannya sih bertambah, tetapi beratnya di situ-situ aja :( Mudah-mudahan masuk 12 bulan, Rasya tetap doyan makan dan tetap sehat. Usia 12 bulan, petualang kuliner Rasya akan semakin seru lho, buat Mama dan Rasya juga! 

Selamat berpetualang di dunia rasa, Rasya! :*




No comments:

Powered by Blogger.