Laman

  • Home
  • About Me
  • Contact Me

Wednesday, August 08, 2012

MPASI 6 bulan versi Rasya (2)

Minggu ini adalah minggu keempat Rasya makan. Seperti sudah saya ceritakan sebelumnya, Rasya memang lahap sekali makan. Doyan makan persis seperti saya! Nah, sesudah buah-buahan saya mulai memberinya bubur tepung beras merah dan sayuran. Tekstur makanannya juga sudah tidak sehalus pertama karena...Rasya sudah tumbuh gigi!! 

Yap, gigi bawahnya sudah nongol kecil gitu. Kalau diraba ada bagian yang menonjol dan terlihat sangat lucuuuu...Pantas dia bisa menggigit biskuit, bukan cuma diemut, dan juga buah-buah yang dimasukkan dalam teething feeder. Jangan tanya sakitnya kalau digigit yaa. Yang jelas sih, mesti ekstra waspada kalau menyusui :p

Sejak minggu lalu, pengenalan jenis makanan baru terbilang sukses. Respon Rasya juga bagus, lahap dan relatif lancar buang air besarnya. Saya senang sekali melihat Rasya suka makan. Memasuki usia 7 bulan, akan semakin banyak variasi makanan yang bisa ia makan, semakin asyik juga saya berkreasi! 

Pure labu kuning :3

Berikut review makanan yang sudah dimakan Rasya.
  • Pear: Rasya doyan banget! Sukses juga membuat metabolisme tubuhnya lancar hehehe.
  • Apel: saya mencoba apel merah red delicious, tetapi Rasya kurang suka. Pas mencoba apel fuji ia lebih doyan.
  • Bubur beras merah: saya pakai tepung gasol organik. Bukan tepung instant, jadi tetap harus dimasak. Karena rasanya tawar, maka harus dicampur ASI atau pure buah-buahan atau sayuran. Favorit Rasya adalah bubur beras merah + ASI, bubur beras merah + pear, bubur beras merah + alpukat, dan bubur beras merah + pepaya.
  • Labu kuning: sayur pertama Rasya. Awalnya tampak kurang doyan, tetapi ia masih mau makan kok. Nggak apa-apa kalau belum suka, nanti kapan-kapan dicoba lagi.
  • Melon: ini juga favorit Rasya. Masukkan dua potong ke teething feeder dan bisa ia kenyot-gigit sampai menipis! 
  • Jeruk: entah mengapa saya belum berhasil memperoleh jeruk manis. Jadilah kadang terlalu asam, sehingga Rasya kurang suka. 
Selanjutnya, menunggu dalam daftar antrian adalah ubi merah, kentang, dan tepung kacang hijau gasol. Masuk bulan ke-7, saya siap-siap bermain dengan kaldu ayam dan nasi alias bubur saring. Asyiiikk!!!! :D


2 comments:

  1. Mba dita, rasya pas umur 6bln cuma buah2an aja ya? Ga pernah dikasih sayur? Boleh share resep mpasi nya mba? Baby ku bulan depan mulai mpasi nih... Aku udah galau dari sebulan lalu

    ReplyDelete
  2. aku mulai pakai buah2an dengan aturan 3 hari. 3 hari berturut2 menu yang sama untuk 1x makan. habis itu aku masuk ke beras merah dulu. habis beras merah lulus, baru coba sayuran. sayuran pertama adalah labu kuning, lanjut ke kentang & ubi merah, jadi masih umbi2an. wortel baru bulan ke-7. kemarin aku banyak ngintip di sini http://wholesomebabyfood.momtastic.com/ nanti coba ku bongkar resep lama ya mbak :)

    ReplyDelete